Implementasi gamifikasi pada aplikasi campaign.com
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Proyek ini adalah bagian dari Skilvul Kampus Merdeka UI/UX Design. Peserta tidak berafiliasi atau bekerja dalam campaign.com. Peserta menyelesaikan proyek ini untuk memenuhi persyaratan program Kemendikbud : Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Background: Campaign.com merupakan sebuah platform aksi sosial pertama yang untuk melakukan challenge dalam aksi sosial dan membuka donasi dari sponsor. Setiap challenge dalam campaign.com terdiri dari beberapa aksi yang bertujuan untuk membantu mengorganisir dan mengembangkan aksi sosial baru dalam kehidupan sehari-hari pengguna campaign.com. Mengajak pengguna menyelesaikan challenge dengan mengambil aksi selama beberapa hari tidaklah mudah, oleh karena itu, campaign.com ingin membangun sistem gamification yang akan menjadi motivasi tambahan dalam pengguna mengambil aksi. Target pengguna: - Gender: Perempuan - Umur: 16–24 Tahun - Profesi: Pelajar Metode: Metode yang digunakan selama mengerjakan proyek ini adalah design thinking. Design thinking lebih memprioritaskan kebutuhan pengguna diatas segalanya. Sehingga selama mengerjakan proyek ini, pada setiap fase design thinking akan berinteraksi dengan target pengguna. Design thinking terdiri dari 5 fase yaitu empathise, define, ideate, prototype, dan testing. Ide: Membuat sebuah sistem gamifikasi pada aplikasi campaign.com agar pengguna selalu termotivasi dalam melakukan aksi. Fitur-fitur gamification yang diinginkan campaign.com adalah: - User Level / poin - Tanda bahwa pengguna sudah mencapai level / poin tertentu - Reward di dalam aplikasi berdasarkan level / poin Solusi: 1. Membuat fitur point dimana setiap kali pengguna menyelesaikan aksi akan diberi poin. 2. Menambahkan fitur point pada halaman dashboard untuk mengetahui jumlah point yang dimiliki. 3. Point dapat ditukar dalam bentuk voucher belanja selama jumlah point memenuhi syarat dan ketentuan. 4. Fitur gamifikasi yaitu membuat game berdasarkan kategori pada challenge yang terdiri dari lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan kesetaraan gender. Fitur dalam game terdiri dari : - User Level / poin, terdapat beberapa level yang dapat dimainkan oleh user - Tanda bahwa pengguna sudah mencapai level / poin tertentu, terdapat peta perjalanan yang berisi level yang akan dimainkan user yang berisi level, bintang sebagai penunjuk poin, dan level terkunci. - Reward di dalam aplikasi berdasarkan level / poin, jika user telah menyelesaikan level pertama maka akan mendapatkan poin yang dapat ditukarkan voucher. - Leaderboard untuk menunjukkan peringkat dari pengguna. 5. Game bisa dimainkan jika peserta sudah mendaftar salah satu kategori challenge. 6. Gamifikasi yang diangkat memiliki kategori lingkungan, bernama find me dimana peserta harus menemukan item tersembunyi untuk mendapatkan poin. Game ini disimulasikan agar pengguna sadar akan kebersihan lingkungan. Refleksi hasil belajar: 1. Selalu memperhatikan setiap detail dalam proses. 2. Hasil review dan masukan dari pengguna dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk mengembangkan aplikasi menjadi lebih baik lagi. 3. Selalu bersikap terbuka dengan setiap perubahan yang ada. 4. Terus mengasah kemampuan dan memperbanyak referensi.
Creator
Kristina Ruspita Rini
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini
Social Activities through Digitalization
Campaign - ForChange Gamifikasi
Bangun Saputra
Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Aksi Sosial Campaign
Campaign - ForChange Gamifikasi
Mu'awinatus Syar'iyah
Desain Ulang Halaman Aplikasi Campaign #ForChange dengan fitur Gamifikasi.
Campaign - ForChange Gamifikasi
Rafi Paturama