Blog - Skilvul

Industri teknologi bukan hal tabu untuk para Kartini masa kini

Agus Cahyono

Writer at Skilvul

Jumat, 9 April 2021

Perempuan dalam Dunia Coding?

Teknologi di era masa kini sudah tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari serta memberikan ruang yang hampir tidak terbatas untuk siapa saja yang ingin bereksplorasi dan berinovasi tidak terkecuali bagi kaum Kartini. Jumlah perusahaan startup teknologi yang semakin meningkat dan ekosistem digital yang terus tumbuh membuat kebutuhan akan talenta digital pun semakin tinggi.

Emansipasi yang telah diperjuangkan sejak zaman Raden Ajeng Kartini di Indonesia kini mulai semakin memperlihatkan hasilnya, dunia teknologi yang identik dengan kaum pria saat ini sudah mulai banyak mendapatkan sentuhan dari wanita.
Tidak sedikit perusahaan teknologi di Indonesia yang sudah mendapat sentuhan lembut dari para kaum wanita, sebut saja Tokopedia, Gojek, dan perusahaan teknologi lainnya sudah banyak yang melibatkan kaum perempuan untuk mengisi posisi penting yang umumnya ditempati oleh kaum laki-laki.
Memang ada perbedaan cara kerja kaum wanita dibandingkan laki-laki namun tidak menutup kemungkinan semua perbedaan yang ada bisa mendukung satu sama lain dan saling mengisi. Berinovasi dengan teknologi adalah soal kemampuan dan konsistensi, tidak melihat apakah pria ataupun wanita semuanya bisa berkarya dan membuktikan diri untuk menghasilkan inovasi yang bervaluasi tinggi.

Untuk kamu para Kartini masa kini yang ingin mulai berkarya di industri teknologi jangan ragu dan jangan takut jika kamu belum mengetahui banyak hal tentang industri ini, ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan kamu lakukan untuk mencari tahu gambaran tentang industri teknologi dari orang-orang yang lebih dulu terjun ke industri ini melalui webinar dan komunitas yang ada. Selama kamu memiliki keinginan untuk terus belajar, haus akan pengetahuan, dan suka memecahkan masalah, industri teknologi adalah tempat yang sesuai untuk kamu bisa berinovasi.

Ada banyak perusahaan yang benar-benar membutuhkan sentuhan wanita untuk bergabung didalamnya, itu artinya akan ada banyak kesempatan dan peluang untuk kamu bisa belajar, berkarya dan berinovasi. Jadi, jangan takut jika kamu belum terlalu yakin dengan kemampuan coding yang kamu miliki saat ini, kamu bisa mulai mempelajari dan tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar meskipun seringkali stigma dan persepsi terhadap kaum wanita yang berkarir di industri teknologi membuat kamu kehilangan percaya diri karena dianggap tidak mampu bersaing dengan para lelaki jangan anggap itu adalah pembatas diri, tapi jadikan itu sebagai pembuktian diri dan bangunlah stereotip baru bahwa kaum Kartini masa kini juga bisa jago di industri teknologi.

Pentingnya sertifikasi sebagai modal awal untuk memulai karir programmer

Agus Cahyono

Writer at Skilvul

Senin, 15 Maret 2021

Sertifikasi? Emangnya penting?

Apakah kamu sudah menyadari tentang pentingnya sertifikasi untuk awal karir kamu? Atau kamu merasa cukup dengan jenjang pendidikan, dan pengalaman organisasi yang telah kamu raih untuk bekal awal memulai karier sebagai programmer?

Perkembangan teknologi yang semakin cepat telah memberikan banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek pendidikan dan karier. Saat ini, kamu tidak hanya bisa mendapatkan pengetahuan dan skill dari pendidikan formal saja, melainkan banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari hal baru atau mengasah skill kamu dengan semakin terbukanya akses teknologi informasi dan tentunya hard skill ataupun soft skill ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang ingin memasuki dunia kerja.

Saat ini, tidak sedikit perusahaan yang mengesampingkan latar belakang pendidikan dan gelar sebagai syarat dalam merekrut pekerjanya, khususnya perusahaan atau start-up yang bergerak di industri teknologi. Karena mereka lebih mengutamakan skill atau kemampuan yang dimiliki oleh pekerjanya dibandingkan dengan latar belakang pendidikan yang telah diraih dan hal ini membuka peluang untuk semua orang yang memiliki kemampuan terkait untuk bisa bersaing, tidak hanya untuk mereka yang memiliki gelar pendidikan saja. Tentunya skill atau kemampuan yang kamu kuasai juga perlu untuk divalidasi agar lebih meyakinkan perusahaan dan validasi atas skill yang kamu miliki bisa didapatkan dengan mengikuti program sertifikasi.

Mengapa sertifikasi itu penting? Selain sebagai pembuktian untuk skill atau kemampuan yang kamu miliki, sertifikasi juga berperan penting dalam CV kamu ketika melamar kerja. Ketika melamar sebuah pekerjaan, tahap pertama yang akan kamu lewati yaitu proses screening CV, untuk satu posisi pekerjaan yang kamu lamar mungkin ada ribuan kandidat yang mengajukan diri dan di sinilah sertifikasi berperan menjadikan CV kamu tampil beda dibandingkan dengan ribuan kandidat lainnya.

Sertifikasi bisa berbicara lebih banyak untuk menjelaskan skill yang kamu miliki tanpa harus menulis penjelasan yang panjang di dalam CV kamu karena dengan memiliki sertifikasi artinya skill kamu sudah diuji dengan standar kebutuhan industri saat ini. Selain itu, kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki gelar pendidikan tinggi namun tidak memiliki sertifikasi untuk skill kompetensinya.

Masih minimnya kesadaran akan pentingnya sertifikasi sebagai modal awal memulai karier di industri teknologi menarik perhatian dari Skilvul. Untuk itu, Skilvul memberikan wadah bagi kamu yang ingin mengasah skill coding dan mendapatkan sertifikasi sebagai pembuktian atas skill yang telah kamu miliki. Di Skilvul.com kamu bisa belajar coding untuk meningkatkan skill kamu, mengambil sertifikasi agar CV kamu tampil beda dan bisa #DilirikHRD.

Yakin belajar coding itu sulit?
Kamu harus coba terapkan hal ini!

Agus Cahyono

Writer at Skilvul

Selasa, 9 Februari 2021

Emang iya, belajar coding itu sulit?

Banyak anggapan bahwa belajar coding itu sulit. Ya, benar memang belajar coding itu sulit maka dari itu permintaan pasar untuk profesi programmer atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian coding sangat tinggi dan gajinya pun tidak main-main karena supply yang tersedia lebih sedikit dibandingkan demand yang ada. Kalau belajar coding itu mudah akan sama halnya seperti harga bawang di musim panen, harganya akan turun karena barangnya melimpah dan permintaan pasar terbatas.

Orang dengan keahlian coding itu istimewa, kenapa? karena tidak mudah untuk mencapai hal itu dan tidak banyak orang yang berhasil konsisten belajar coding, kebanyakan orang berhenti ditengah jalan ketika menemui suatu kesulitan saat belajar coding.

Lalu, bagaimana agar belajar coding itu tidak sulit?

Kembali lagi belajar coding itu memang tidak mudah, namun ada hal yang harus kamu terapkan agar kamu bisa berhasil dan tidak mudah menyerah saat belajar coding.

Pertama, tetapkan tujuanmu di awal sebelum kamu mulai belajar coding. Ada berbagai macam alasan atau tujuan dari seseorang untuk belajar coding dan itu tergantung pada dirimu sendiri, apakah ingin memiliki karier sebagai programmer, apakah agar bisa bekerja di perusahaan teknologi impianmu, atau bahkan supaya bisa membuat program sendiri yang dapat bermanfaat untuk orang banyak. Menetapkan tujuan diawal ini penting agar kamu tahu tempat yang ingin kamu tuju dan tidak berhenti ditengah jalan.

Lalu yang kedua, setelah kamu menentukan tujuanmu hal penting yang harus ditanamkan pada diri kamu adalah belajar untuk nyaman dengan ketidaknyamanan. Perjalanan menuju tujuan kamu mungkin akan banyak halangan yang bisa saja menyebabkan kamu berhenti ditengah jalan, kamu akan menemukan kesulitan saat mulai belajar coding seperti error atau ada fungsi yang tidak kamu pahami dan membuat kamu rasanya ingin menyerah. Namun hal yang harus diingat adalah kamu baru mulai belajar, gunakan kemampuan terbaikmu dan ingat kembali tujuan awalmu untuk belajar coding.

Dan yang terakhir, hal yang harus kamu terapkan dalam belajar coding adalah konsistensi. Dengan segala kesulitan yang kamu temui saat belajar, seperti kesalahan fungsi yang kamu tulis, ada error di program yang kamu jalankan atau bahkan ada bahasa yang tidak kamu mengerti, jangan jadikan sebagai alasan untuk kamu berhenti belajar dan tetaplah konsisten, namanya juga orang sedang belajar jadi wajar kalau ada kesalahan yang dilakukan.

Sesuatu yang istimewa itu sulit untuk dicapai, namun ketika itu berhasil akan ada kebanggaan tersendiri untuk kamu karena tidak banyak orang yang bisa melakukan hal itu. Sama seperti ketika kamu ingin meraih rank Mythic di game Mobile Legends atau mendapat rank Conqueror di game PUBG Mobile itu tidak mudah untuk mendapatkannya. Mungkin kamu harus begadang push rank sampai pagi, bermain game seharian, dan menghadapi berbagai rintangan yang ada di dalam game tapi ketika itu berhasil diraih ada kebanggan tersendiri untuk kamu karena tidak semua orang bisa melakukannya. Pun dengan belajar coding, dengan segala kesulitan yang kamu alami saat proses belajar kamu akan mendapat bayarannya pada saat kamu sudah berhasil mencapai tujuanmu.

Jadi, belajar coding itu memang sulit, hanya orang yang istimewa yang bisa melakukannya, dan kamu adalah orangnya.

Belajar coding online dan jadi siap kerja dari rumah

William Hendradjaja

Co-founder | Chief of Business Skilvul

Jumat, 1 Mei 2020

Melalui Skilvul, kami percaya bahwa kombinasi materi belajar yang aksesibel, relevan dengan dunia industri, ditambah dengan metode belajar "blended learning" dapat membantu melahirkan programmer siap kerja, sehingga memberikan dampak berarti bagi percepatan pembangunan nasional.

Perjalanan sebagai Seorang Pegiat Pendidikan

Di tahun 2014, saya dan beberapa rekan mendirikan sebuah rumah belajar (HORE) yang berfokus pada pendidikan bagi anak-anak marjinal di salah satu daerah perkampungan kota di Jakarta Barat. Kami memfasilitasi pendidikan non-formal bagi mereka, seperti pendidikan karakter dan soft-skills. Dengan membangun perpustakaan dan tempat belajar di daerah tersebut, harapan kami adalah untuk dapat membantu anak-anak yang berkekurangan untuk menemukan pengharapan, serta membimbing mereka mencapai impian, menurut potensi dan kepribadian mereka. Meski demikian, saya menyadari bahwa menjalankan sebuah yayasan / organisasi non-profit bukanlah sebuah hal yang mudah. Ketidakpastian mengenai sumber dana menjadikan program-program yang telah kami rencanakan tidak dapat direalisasikan. Di tengah kefrustasian saya untuk dapat tetap berkontribusi di bidang pendidikan, saya menemukan sebuah konsep yang lebih tepat untuk dapat merealisasikan mimpi saya untuk mendukung terciptanya pendidikan yang dapat diakses banyak orang - yaitu dengan melahirkan sebuah social enterprise. Beberapa tahun kemudian, terciptalah Impact Byte - sebuah coding bootcamp offline yang bertujuan untuk membantu siapapun menjadi web developer siap kerja dalam waktu 2 bulan.

Impact Byte terlahir karena adanya kesenjangan antara kebutuhan talent di industri teknologi (terutama programmer), dengan kurikulum yang diajarkan oleh pendidikan formal - baik Universitas maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya SMK Rekayasa Perangkat Lunak (SMK RPL). Bagaimana tidak, menurut survei BPS, hanya 10% tenaga pengajar di Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mengajar di bidang teknologi.

10 PersenTingkat Pengangguran

Kedua hal ini lah yang menyebabkan tingginya angka pengangguran dari lulusan SMK. Lulusan SMK seharusnya sudah siap kerja dan tidak perlu memikirkan bagaimana masuk ke universitas lagi. Dengan menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, para peserta bootcamp Impact Byte (banyak diantaranya lulusan SMK) mendapatkan pendidikan yang relevan sehingga mereka dapat cari kerja dengan cepat dan langsung terserap ke perusahaan. Hingga kini, ada sebanyak 150 web developer yang sudah kami salurkan ke dunia kerja. Namun, ini tidaklah cukup. Coding bootcamp yang terletak di Jakarta Selatan tidaklah mampu untuk menjangkau muda-mudi Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Bersama dengan dua rekan saya, Amanda Simandjuntak dan Johan Mulyono, kami kemudian menciptakan sebuah platform belajar vokasi online bernama Skilvul, yang melengkapi kaum muda dengan keterampilan coding yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta menghubungkan mereka dengan lapangan pekerjaan dalam sebuah platform yang dapat diakses secara online dimana saja.

Pendidikan yang Aksesibel

Platform Skilvul ini sudah kami kerjakan selama beberapa bulan terakhir dan kami rencanakan untuk diluncurkan pada bulan Juni 2020. Namun dengan mewabahnya Covid-19 dan terganggunya aktivitas belajar di Indonesia, kami merasa sangat terusik. Kami memutuskan untuk meluncurkan Skilvul tiga bulan lebih awal, dan membuka semua materi pelajaran yang telah tersedia di Skilvul secara GRATIS (hanya hingga 30 April 2020). Kami ingin melihat kaum muda di Indonesia lebih produktif, salah satunya dengan menjadi programmer otodidak dengan akses belajar coding di mana saja dan kapan saja lewat Skilvul. Sebab ironisnya, di tengah angka pengangguran yang begitu tinggi, Indonesia masih kekurangan web developer yang handal.

Indonesia Siap Kerja

Kenapa Skilvul?

  1. Kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri

    Misi Skilvul adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran anak muda di Indonesia, dengan melahirkan generasi siap kerja melalui akses pembelajaran teknologi yang luas. Oleh karena itu, diperlukan kurikulum pembelajaran yang praktikal dan sesuai dengan kebutuhan industri. Ini sebabnya, materi di Skilvul kami rancang bersama-sama dengan Industry-Professionals di bidang teknologi, sehingga sudah terbukti dapat meluluskan programmer siap kerja melalui coding bootcamp (Impact Byte) kami.

  2. Sertifikasi yang dapat ditukarkan dengan kesempatan bekerja

    Skilvul akan melatih keterampilan digital, khususnya coding, memberikan sertifikasi dan akan menghubungkan anak-anak muda Indonesia dengan lapangan pekerjaan. Nantinya, SkilBadge (sertifikasi) tersebut dapat ditukarkan dengan kesempatan kerja.

  3. Metode belajar blended learning, yang menggabungkan online dan offline learning

    Selain belajar coding online melalui platform skilvul.com, kami juga akan menyediakan ruang bagi pelajar untuk bertemu langsung dengan mentor, demi mendapatkan pemahaman yang lebih maksimal.

  4. Teknologi yang terintegrasi

    Di platform Skilvul Playground (skilvul.com), kami membangun LMS kami yang terdapat teknologi IDE (code-editor) yang secara komprehensif mendukung kegiatan belajar pengguna. Dengan demikian pengguna tidak perlu repot-repot membuka 2-3 window sekaligus demi mendapatkan pembelajaran coding menyeluruh.

    Skilvul Playground
  5. Terakhir yang tidak kalah pentingnya, komunitas.

    Saya percaya tidak ada seorang pun dapat sukses sendirian. Dengan kehadiran komunitas yang saling mendukung dan menyemangati, saya percaya bahwa kemampuan individu dapat semakin ditingkatkan. Di Skilvul akan terdapat komunitas online di mana tiap pelajar dan programmer-to-be dapat berkomunikasi, bertanya, berdiskusi dan berbagi pendapat.

    Dan untuk alasan yang sama lah, saya meminta dukungan teman-teman semua. Kami tidak bisa berjalan sendiri. Selain adanya tim Skilvul yang bekerja keras mewujudkan platform ini, kami membutuhkan kawan-kawan semua, kaum pendidik, teman-teman programmer untuk menyebarluaskan platform Skilvul. Caranya melalui:

    • Bagikan blog post ini dan follow Instagram kami https://instagram.com/skilvul
    • Bagikan kode diskon berikut agar teman-teman kamu dapat belajar kelas HTML secara GRATIS: BELAJARBARENGWILL.
    • Arahkan guru yang ingin mengikuti Pelatihan Guru Gratis (bentuk komitmen Skilvul terhadap pendidikan di Indonesia) untuk mengisi formulir berikut ini: https://bit.ly/skilvulteacher (selain pelatihan guru, nantinya kami juga akan mempersiapkan Sertifikasi Guru)

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas dukungan teman-teman semua. Yang kita butuhkan saat ini adalah "gandeng tangan" (bukan secara fisik tentunya) untuk bersama membantu sesama kita untuk dapat beradaptasi dengan kondisi paska Covid-19. Dampak perekonomian karena Covid-19 outbreak mungkin sudah mulai terasa, mungkin juga belum, yang pasti sebentar lagi perubahan sistemik akan dan pasti terjadi. Kita harus mempersiapkan tenaga kerja kita untuk dapat beradaptasi. Marilah kita tingkatkan kemampuan setiap kita, akses pembelajaran online yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Yang pasti, kurangi netflix dan perbanyak belajar.

Salam #dirumahaja,