Desain Ulang Halaman Berita, Home, Top Up, dan Detail Penggalangan Dana pada Aplikasi Kitabisa
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Untuk menyelesaikan challenge yang diminta agar pengguna lebih mudah menemukan berita/informasi mengenai pembaruan kampanya, serta melibatkan sisi emosional pengguna terhadap kampanya yang telah didonasikan agar meningkatkan retensi pengguna dalam pemakaian aplikasi Kitabisa. Saya dan tim menggunakan metode design thinking dalam design process-nya yang terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Solusi yang dihasilkan didapatkan dari How-Might We (HMW) yang didasari pada pain points berupa menghadirkan berita dalam format cerita, melakukan highlight pada section berita, memperbaiki penamaan inbox agar lebih sesuai dengan fungsinya, integrasi lokasi pada kategori bencana, dan lain sebagainya. Target penggunanya pria/wanita dengan kisaran umur 25-35 tahun yang memiliki profesi tidak spesifik. Refleksi hasil belajar yang didapatkan dari mengerjakan UI/UX Design ini tentunya pertama kali menjadi ketua tim yang mengkoordinir anggota menjadikan ini pengalaman baru saya, serta pertama kali menjadi moderator yang mewawancarai dalam In-Depth Interview (IDI) dimana harus berhadapan langsung dengan responden untuk menghindari leading question melalui zoom meeting. Selain itu, challenge ini sangat menguji kesabaran, kemampuan, dan pikiran saya dalam menghadapi permasalahan selama pengerjaannya.
Creator
Charles Phandurand
Partner Challenge

Kitabisa
Showcase lainnya dari challenge ini