Membuat Desain Aplikasi Campaign #ForChange Guna Meningkatkan Konsistensi User Dalam Menggunakan Aplikasi Campaign
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Projek ini adalah bagian dari UI/UX Training Program yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Skilvul dan Campaign sebagai challenge partner. Problem Statement Yang dihadapi saat ini adalah pengguna terkadang tidak konsisten melakukan aksi challengenya, bosan dan kurang motivasi untuk menggunakan aplikasi Campaign dengan durasi lebih lama lagi. Objektif Tujuan utama yang akan dicapai adalah mengimplementasikan fitur gamification ke dalam aplikasi Campaign dengan memperhatikan 3 aspek di bawah ini, yaitu kebutuhan, kebiasaan dan tingkat kegunaan, kemudahan dan kepuasan. Desain Proses Dalam kasus ini kami menggunakan design thinking sebagai pendekatan design process. Design thinking kami bagi menjadi 5 tahap, yaitu : 1. Empathize (Secondary Research) 2. Define (Pain Points dan How Might We) 3. Ideate (Solution Idea, Affinity Diagram, Prioritization Idea, Crazy 8's dan User Flow) 4. Prototyping (Low Fidelity Design - Wireframe dan High Fidelity Design) 5. Testing (Usability testing) Kesimpulan Berdasarkan hasil dari Usability testing menggunakan metode pengujian SEQ (Single Ease Question) dengan nilai 4.43, menunjukkan bahwa solusi design yang dibuat masih belum cukup mudah bagi user yang akan menggunakan produk tersebut. Sehingga menjadi bahan evaluasi yang diharapkan di kemudian hari dapat memberikan kemudahan bagi pengguna, sehingga meningkatkan konsistensi penggunanya. Rekomendasi Selanjutnya Fitur-fitur yang telah dibuat masih harus banyak diperbaiki, terutama di bagian gamification, karena ini adalah fokus utama, guna meningkatkan konsistensi pengguna dalam menggunakan aplikasi Campaign.
Creator
Haris Su'aidi Ahmad
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini