UI/UX Case Study — Redesign Waste4Change SYW Program & Point Reward
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Dalam pengerjaan proyek ini saya berkolaborasi dengan 3 anggota tim lainnya yaitu Haski Pratomo, Hayati Rohmatika & Hikmatul untuk mengerjakan challenge ini dengan role yang sama yaitu sebagai UI/UX Designer. Kami memilih menggunakan Design Thinking sebagai pendekatan design process dalam mencari solusi ide penyelesaian yang timbul karena paling umum digunakan dan sesuai dengan materi pembelajaran yang telah dipelajari. Adapun kegiatan kolaborasi yang kami lakukan antara lain: - Melakukan Secondary Research; - Melakukan metode Crazy8; - Membuat User Flow; - Membuat Wireframe (Sketch dan Lo-Fi Design); - Merancang Design System; - Mendevelop Hi-Fi Design; - Membuat Prototype; serta - Mempersiapkan dokumentasi untuk user testing (user stimulus research document) - Melakukan Usability Testing kepada User. Untuk menguji solusi ide yang telah diutangkan dalam prototype design, kami melakukan user testing kepada real-user. Idealnya user testing melibatkan 5 orang responden, akan tetapi karena keterbatasan waktu kami hanya melakukan user testing kepada 1 orang responden saja dengan kriteria: - Wanita berusia 25–40 tahun - Pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga - Berdomisili di Pulau Jawa - Memiliki kemampuan Berbahasa Indonesia - Mampu menggunakan aplikasi berbasis Android Hasil Testing Setelah semua task selesai diuji coba oleh responden, kami bertanya kepada responden dalam bentuk SEQ (Single Ease Question) untuk mengetahui nilai tingkat kemudahan atas solusi ide yang kami buat berdasarkan pengalaman user. “Dalam skala 1 yang sangat susah sampai 7 yang sangat mudah, berapa nilai yang anda berikan untuk kemudahan penggunaan web app ini?” Angka 5,5 merupakan parameter keberhasilan yang dapat dijadikan sebagai acuan target. Adapun SEQ Score yang kami dapatkan adalah 7, yang artinya web apps yang telah kami buat melewati acuan target keberhasilan yang ada. Kesimpulan Berdasarkan hasil user testing yang telah dilakukan, user flow sudah cukup jelas dan mudah dipahami oleh user dengan nilai metric yang diperoleh 7. Namun demikian, masih perlu dilakukan iterasi atas beberapa hal yang perlu diperbaiki sesuai dengan saran user pada tahap testing diantaranya: 1. Perlu ditambahkan petunjuk cara packing untuk semua jenis sampah yang akan sampah daur ulang; dan 2. Prototype project perlu disempurnakan agar pada saat testing semua menu dapat diakses oleh responden sehingga dapat memberikan gambaran terkait penggunaan web apps Waste4Change.
Creator
Ilham Saputra Tama Septiansyah
Partner Challenge
Waste4Change
Showcase lainnya dari challenge ini
Design Ulang Alur Transaksi Waste4Change
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Farah A F Abdila
Desain Ulang Alur Transaksi dan Redeem Point Waste4Change
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Yanuar Todi Baidowi
Waste4Change: Send Your Waste Website Redesign
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Nadia Nathania