UI/UX Case Study: Fitur Gamification pada Aplikasi Campaign
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Problem Statement Yang dihadapi saat ini adalah pengguna terkadang tidak konsisten melakukan aksi challengenya, bosan dan kurang motivasi untuk menggunakan aplikasi Campaign dengan durasi lebih lama lagi. Objektif Tujuan utama yang akan dicapai adalah mengimplementasikan fitur gamification ke dalam aplikasi Campaign dengan memperhatikan 3 aspek di bawah ini, yaitu kebutuhan, kebiasaan dan tingkat kegunaan, kemudahan dan kepuasan. - Mencari tahu kebutuhan dalam menggunakan aplikasi Campaign. - Mencari tahu kebiasaan melakukan aksi sosial di real-life dan sosial media. - Mencari tahu tingkat kegunaan, kemudahan dan kepuasan dari solusi ide yang ditawarkan pada alur proses. Desain Proses Dalam kasus ini kami menggunakan design thinking sebagai pendekatan design process karena mekanisme dalam setiap tahapan design thinking terancang untuk sebisa mungkin memaksimalkan potensi dan pemikiran setiap orang yang terlibat (brainstorming). Design thinking kami bagi menjadi 5 tahap, yaitu : 1. Empathize 2. Define 3. Ideate 4. Prototyping 5. Testing Kesimpulan Berdasarkan hasil dari Usability testing menggunakan metode pengujian SEQ (Single Ease Question) dengan nilai 4.43, menunjukkan bahwa solusi design yang dibuat masih belum cukup mudah bagi user yang akan menggunakan produk tersebut. Sehingga menjadi bahan evaluasi yang diharapkan di kemudian hari dapat memberikan kemudahan bagi pengguna, sehingga meningkatkan konsistensi penggunanya. Rekomendasi Selanjutnya Fitur-fitur yang telah dibuat masih harus banyak diperbaiki, terutama di bagian gamification, karena ini adalah fokus utama, guna meningkatkan konsistensi pengguna dalam menggunakan aplikasi Campaign.
Creator
Qizhaya Halima Tusshafna
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini