UI/UX

Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Campaign

Lihat Preview Showcase
Fitur Gamifikasi pada Aplikasi CampaignLihat Preview Showcase

Deskripsi

Projek ini berisi solusi ide mengenai fitur gamifikasi yang ingin ditambahkan pada aplikasi Campaign guna meningkatkan motivasi user untuk menyelesaikan Challenge yang disediakan. Fitur gamifikasi yang diajukan sebagai solusi ide diantaranya adalah fitur experience point, leaderboard, sertifikat, dan level user. Metode yang digunakan pada pengerjaan projek ini adalah Design Thinking sebagai metode pendekatan design process yang terdiri dari Empathize, Define, Ideate, Prototyping, dan Testing. Pada tahapan Empathize dilakukan pemahaman empatik dari sisi permasalahan yang dialami oleh user dengan melakukan riset seperti menganalisis kompetitor sejenis, menganalisis feedback user, pendalaman produk, dan mencari referensi case terkait. Pada tahapan Define, yang dilakukan adalah mendefinisikan dan menganalisis informasi yang didapatkan dari tahap Empathize untuk menentukan apa sebenarnya masalah dari user. Hasil analisis tersebut kemudian didata menjadi kumpulan pain points yang selanjutnya akan dibuat menjadi How Might We. Pada tahap Ideate, yang dilakukan adalah menghasilkan banyak solusi ide berdasarkan HMW dan solusi ide tersebut kemudian dikelompokkan menjadi beberapa kategori menggunakan Affinity Diagram. Dari banyaknya solusi ide yang sudah dikelompokkan, selanjutnya adalah ditentukan tingkat prioritasnya. Pada tahap prototyping, yang dilakukan adalah membuat user flow, membuat wireframe (Lo-Fi), mendesain UI (Hi-Fi), dan membuat prototyping. Pada tahap Testing yang dilakukan adalah melakukan In-Depth Interview dan Usability Testing kepada satu responden. Dalam tahapan ini, responden diberikan 10 pertanyaan dan diminta untuk memberikan jawabannya. Selanjutnya responden diminta untuk melakukan beberapa task pada desain aplikasi yang sudah dirancang prototype-nya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemudahan dari responden setelah menyelesaikan setiap task. Kemudian didapatkan hasil SEQ (Single Ease Question) yang diberi nilai 6 oleh responden.

Creator

Nur Anisa Fitriani


Partner Challenge

Campaign.com

Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Desain ulang untuk aplikasi campaing dengan penambahan fitur gamification

Campaign - ForChange Gamifikasi


Fitria Fitria

UI/UX

Gamification for Campaign App

Campaign - ForChange Gamifikasi


Lukas Sandy

UI/UX

UI/UX Case Study : Ekplorasi Aplikasi Kampanye Sosial Kekinian (Campaign #Forchange)

Campaign - ForChange Gamifikasi


Olivia Safira