UI/UX

Redesign Situs CROWDE

Lihat Preview Showcase
Redesign Situs CROWDELihat Preview Showcase

Deskripsi

Objektif Proyek : - Situs CROWDE ditingkatkan mencakup 3 target market yaitu petani, toko tani dan trader atau pengusaha agriculture (petani modern). - Redesain situs keseluruhan untuk meningkatkan kemudahan dan fleksibilitas sebagai media tambahan untuk membantu tim marketing yang bekerja langsung di lokasi. - Mencantumkan di situs atribut dan ketentuan yang diwajibkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Aktifitas Proyek : - Memahami masalah CROWDE, mengumpulkan data dan brainstorming solusi desain - Membuat Userflow dan Wireframe - Membuat UI Design dan Prototype - Melakukan Testing Prototype dan memperbaiki UI Design - Membuat UX Case Study - Membuat Slide Deck dan melakukan presentasi Kesimpulan Proyek : Untuk redesain situs CROWDE dengan metode Design Thinking untuk membuat solusi yang pengguna sentri. Secara berurutan kami melakukan tahap-tahap : 1. Empathize Memahami kebutuhan dan masalah shareholders CROWDE dan melakukan secondary riset 2. Define Merangkum Pain Points pengguna dan mencari opportunity/solusi terhadap Pain Points pengguna dengan tool How-Might We. 3. Ideate Melakukan brainstorming ide berdasarkan How-Might We dan menghasilkan Solution Idea untuk beberapa kategori How-Might We lalu mengelompokkan ke dalam Affinity Diagram untuk menentukan apa yang akan dikerjakan. Berikutnya menentukan prioritas untuk dikerjakan. Terakhir membuat Crazy 8. 4. Prototyping Membuat high fidelity prototype user interface yang dihasilkan melalui langkah-langkah dari membuat Userflow dan Wireframe lalu membuat UI Design berikut Prototype untuk pengguna bisa mencoba secara langsung. 5. Testing Melakukan testing dengan target pengguna yang kriterianya : Berusia 18–55 tahun, Mempunyai minat dalam usaha pertanian, Berdomisili di seluruh wilayah Indonesia, Mempunyai kemampuan Bahasa Indonesia sebagai native language, Mempunyai artikulasi yang baik dalam berkomunikasi, Memiliki tingkat pemahaman teknologi yang baik, Dapat menggunakan komputer dengan baik 6. Iterasi Desain Melakukan iterasi desain berdasarkan umpan balik dari responden. Kesimpulan : Shareholder CROWDE sebagai Challenge Partner kami menginginkan redesain dan restruktur situs CROWDE sekarang. Di mana situs dibuat seintiutif mungkin dan fokus ke peminjam dan target market ditambah toko tani dan trader atau pengusaha agriculture (petani modern) selain petani tradisional. Lalu juga memperbaiki issue identity di mana peminjam lebih kenal brand Garap daripada CROWDE dengan memindahkan fitur Garap ke form online di situs CROWDE. Kedua keinginan shareholder CROWDE tersebut sudah dalam cakupan redesain kami. Secara keseluruhan kami berharap redesain kami dapat bermamfaat bagi pihak CROWDE. Refleksi : Saya pribadi belajar banyak selama proses Challenge Partner CROWDE ini. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan seperti : 1. mengetahui proses P2P Lending secara keseluruhan khususnya pertanian 2. mengetahui, memahami, dan bisa menerapkan ilmu UX khususnya pendekatan Design Thinking 3. mengetahui, memahami, dan bisa menerapkan ilmu UI menggunakan tool Figma untuk mejalani langkah-langkah Design Thinking, membuat Pain Points, How-Might We, Solution Idea, Affinity Diagram, Prioritization Idea, Crazy 8's, Task Flow, Wireframe, UI Design, Prototype.

Creator

AMIN TJEN


Partner Challenge

Crowde

Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Redesain Website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Garin Dwi Rio

UI/UX

Re-Design Website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Aldi Kurniawan

UI/UX

Crowde: UI/UX Design

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Danny Agniawan