UI/UX

Pet Hero - Aplikasi untuk Merawat Hewan Peliharaan

Lihat Preview Showcase
Pet Hero - Aplikasi untuk Merawat Hewan PeliharaanLihat Preview Showcase

Deskripsi

Saya memilih proyek Pet Hero ini karena melihat meningkatnya peminat memelihara hewan (berita terlampir) dan banyak post di sosmed tentang keluhan dan kebingungan terkait kondisi hewan peliharaan mereka. Selain itu, setelah diskusi dengan teman yang memiliki hewan peliharaan, saya mengetahui bahwa ada pemilik hewan peliharaan yang belum mengerti betul kondisi dan perawatan untuk hewan peliharaannya. Maka dari itu saya mempunyai ide untuk membuat aplikasi yang bisa memberikan informasi melalui artikel dan chat dengan dokter hewan serta membantu pemilik hewan untuk dapat reservasi layanan perawatan kesehatan untuk hewan peliharaan kesayangan mereka. Pada project ini saya menggunakan metode Design Thinking dengan proses Emphatize, Define, Ideate, Prototyping dan Testing. Dari proses define, saya membuat HMW untuk membantu user mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk hewan peliharaan. Kemudian dari proses Ideate, saya memprioritaskan pada fitur artikel tentang hewan peliharaan, fitur tanya/chat dokter hewan, dan fitur cek/reservasi petcare. Fitur2 tersebut diharapkan dapat membantu user dalam memberikan perawatan maksimal pada hewan peliharaan mereka. Nantinya user dapat melakukan sesi tanya/chat dengan dokter hewan sesuai pilihan user setelah melakukan pembayaran sesi tanya/chat tersebut. Setelah sesi tanya/chat, user dapat melanjutkan untuk melakukan reservasi ke dokter hewan/petcare apabila diperlukan. Kemudian pada fitur artikel dapat ditemukan artikel yang bermanfaat untuk hewan peliharaan, user dapat menggunakan fitur ini apabila baru pertama kali atau mempunyai rencana memelihara hewan. Pada tahap prototype saya mencari referensi di situs seperti behance dan medium untuk mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam membuat prototype terutama dalam membuat UI Design yang menarik. Saya melakukan perbaikan beberapa kali dan meminta saran dari mentor terkait desain proyek yang saya kerjakan. Saya bersyukur semua berjalan lancar walaupun dalam waktu yang cukup singkat dan keterbatasan saya sebagai pemula. Pada tahap testing saya melakukan wawancara dengan teman saya yang merupakan pemilik hewan peliharaan untuk memberikan feedback dari desain yang saya buat. Banyak saran yang bagus saya terima untuk perbaikan desain proyek ini, beberapa saran sempat saya implementasikan sebisa saya. Saran lainnya akan saya sempurnakan kembali setelah program pelatihan ini selesai dan juga sebagai pembelajaran bagi saya untuk proyek-proyek UI/UX desain di masa mendatang. Target pengguna aplikasi ini adalah pemilik hewan peliharaan dengan usia antara 15-55 tahun dengan domisili di seluruh wilayah Indonesia, menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari dan memiliki tingkat ekonomi menengah ke atas. Dari hasil belajar di skilvul saya mendapatkan pengetahuan yang banyak terutama terkait teori dan metodologi dalam UI/UX Design. Dalam pembelajaran saya menyayangkan adanya pembagian kelas yang tidak saya ketahui mekanismenya dari awal saya mendaftar di digitalent kominfo. Hal ini membuat saya kecewa. Namun, tim skilvul masih bisa mengusahakan mentor untuk membantu pembelajaran terkait UI/UX Design ini. Walapun menurut saya kurang maksimal daripada kelas A. Materi pembelajaran yang disampaikan di website skilvul bervariasi namun pada beberapa sesi saya merasa penjelasan yang diberikan seperti tidak tuntas sehingga saya tidak paham secara keseluruhan materi yang ada. Hal tersebut membuat saya mencari sumber informasi lain seperti video di youtube untuk menjelaskan hal yang sama. Akhir kata, saya merasa cukup puas dengan pelatihan UI/UX design dari skilvul. Saya harap skilvul dapat terus memperbaiki kualitas platform pembelajaran ini lebih baik lagi sehingga dapat mengakomodir ekspektasi dari pengguna. Saya pribadi berharap dapat mempertajam kemampuan dalam UI/UX Design ini lebih lanjut terutama dengan para peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan ini dengan baik.

Creator

Andika Nurrizqi Prawira


Partner Challenge

Kominfo

Kominfo

DTS Kominfo PROA - Permasalahan Sekitar (New)

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Connected Apps

DTS Kominfo PROA - Permasalahan Sekitar (New)


nopitasari .

UI/UX

Aplikasi Belanja Online Sembako

DTS Kominfo PROA - Permasalahan Sekitar (New)


Reagen Mika Parlindungan Sihite

UI/UX

Hero (Challenge App)

DTS Kominfo PROA - Permasalahan Sekitar (New)


Elok Aliyah Hidayah