UI/UX

Implementasi Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Campaign #ForChange

Lihat Preview Showcase
Implementasi Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Campaign #ForChangeLihat Preview Showcase

Deskripsi

Pada aplikasi Campaign saat ini, pengguna dapat mengikuti challenge dengan mengambil aksi tiap hari, namun terdapat pengguna yang kehilangan motivasi di tengah jalan sehingga challenge tidak diselesaikan. Oleh karena itu, Campaign.com menginginkan agar pengguna lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan aksi sosial yang ada pada aplikasi dengan mengimplementasikan fitur gamifikasi sehingga dapat menjadi ruang yang menyenangkan bagi pengguna. Nah, maka dari itu Goals pada project ini yaitu.. • Meningkatkan motivasi pengguna dalam mengikuti aksi sosial pada challenge yang disediakan. • Mengimplementasikan fitur gamifikasi pada aplikasi sehingga pengguna tidak bosan dan lebih termotivasi dalam menggunakan aplikasi. Pada pengerjaan project ini, kami memilih untuk menggunakan metode Design Thinking. Menurut saya dengan tim, Design Thinking sebagai metode yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah produk atau aplikasi. Karena metode ini non linear sehingga dapat melakukan proses secara berulang sehingga dapat lebih terfokus ke dalam user experience sehingga dapat menciptakan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh pengguna. Pada Stage 1 - Empathize saya dengan tim melakukan pendekatan empatik dengan pengguna agar mengetahui masalah yang dialami. Pada tahap ini terdapat primary research yang sudah dilakukan oleh Campaign, yang kemudian kami melanjutkan dengan melakukan bagian secondary research dimana kami mencari dan menganalisis kompetitor. teori gamifikasi, masukan pengguna pada Play Store, AMA Session, dan juga pendalaman produk dalam menggunakan aplikasi Campaign.com. Kemudian pada Stage 2 – Define kami mendefinisikan masalah apa saja yang dialami oleh pengguna menjadi Pain Point yang kemudian kami melakukan pencarian topik ide How Might We mengenai bagaimana yang akan dilakukan yang nantinya dapat dijabarkan pada tahap selanjutnya. Nah pada Stage 3 – Ideate kemudian kami melakukan brainstorming ide dengan menggunakan How Might We yang sebelumnya kami pilih pada voting yaitu “memotivasi pengguna dalam mengambil aksi dan menyelesaikan challenge dengan fitur gamification”. Kemudian kami mengelompokkan ide-ide yang dihasilkan menjadi beberapa bagian pada Affinity Diagram yang setelah itu kami mengurutkan sesuai dengan prioritas pengerjaan pada Prioritization Idea. Langkah selanjutnya kami melakukan sketsa kasar dengan 8 frame. Kemudian kegiatan terakhir pada tahap ini yaitu kami merancang bebapa userflow yang nantinya dapat sebagai acuan dalam user mengerjakan suatu task yang diberikan. Selanjutnya pada Stage 4 – Prototype kami melakukan penyusunan solusi desain dengan menggunakan ide-ide yang telah didapatkan pada proses brainstorming sebelumnya. Dimulai dengan pembuatan Wireframe sebagai kerangka awal susunan informasi dan konten yang nanti dilanjutkan dengan proses pembuatan UI Design yang berfokus ke dalam pengimplementasian fitur gamifikasi. Setelah UI Design selesai, kami menyusun prototyping dari solusi desain yang telah dibuat sehingga dapat digunakan pada saat proses Testing nantinya dengan responden. Akhirnya Stage 5 – Testing dimana saya dengan tim melakukan Usability Testing atau percobaan solusi desain dengan responden yang dipilih. Pada kegiatan ini kami menggunakan metode In Depth-Interview dengan Usabillity Metric Single Ease Question (SEQ). Dari Usability Testing yang sudah dilakukan tentu banyak feedback yang diberikan, overall responden cukup puas sehingga rata-rata nilai yang didapat baik dari tingkat kegunaan, tingkat kemudahan & tingkat kepuasan kami memperoleh 6,3 dari skala 1 sampai 7. Dari Feedback yang diberikan oleh responden, kami kemudian melakukan Iterasi Desain dimana kami memperbaiki beberapa bagian pada desain maupun layout seperti pada bagian Home, Notifikasi, Point Shop, dan lainnya sehingga solusi desain yang telah kami buat dapat sesuai ekspetasi yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi Campaign. Berdasarkan feedback dan penilaian yang diberikan responden yang yang merasa puas mengenai solusi desain yang telah dibuat, Project ini dapat berjalan dengan baik dan berakhir dengan Sukses. Dengan solusi desain yang telah kami rancang dan susun sedemikian rupa, kami berharap dapat memberi manfaat bagi kalian pembaca maupun pihak Campaign sehingga dapat mengimplementasikan fitur gamifikasi pada aplikasi yang ada sehingga pengguna dapat lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan sosial. Dalam pembuatan Project maupun Case Study ini saya mendapatkan banyak pelajaran mengenai bagaimana melakukan proses desain dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pengguna sehingga kenyamanan dan kebutuhan dapat terpenuhi.

Creator

Rananggana Trustha Dewangga


Partner Challenge

Campaign.com

Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Campaign #ForChange

Campaign - ForChange Gamifikasi


Logananta Puja Kusuma

UI/UX

Campaign #ForChange

Campaign - ForChange Gamifikasi


Yuliana Romadhoni

UI/UX

Re-Design Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi


RAHAYUNING PUTRI MAHARDIKAWATI