Amartha’s New Features Design: Gold Investment
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Dalam kasus Amartha, sebagai metode design process, saya menggunakan pendekatan Design Thinking. Saya melakukan beberapa proses seperti memahami challenge brief, kemudian melakukan competitor analysis untuk dijadikan bahan referensi dan mencari peluang baru, serta melakukan in-dept interview kepada beberapa responden untuk memahami target pengguna harapannya solusi yang dirancang benar-benar berorientasi pada pengguna. Kemudian saya membuat analisis SWOT. Dari proses in-dept interview saya membuat User Persona (untuk merepresentasikan target pengguna dari produk yang akan saya rancang) dan User Journey (untuk memetakan alur perjalanan pengguna berdasarkan kasus (investasi emas)). [ Objektif ] - Mencari tahu permasalahan usability dari desain fitur investasi emas pada aplikasi Amartha. - Mencari tahu tingkat kemudahan dari fitur investasi emas pada aplikasi Amartha dengan menggunakan SUS (System Usability Scale). [ Responden Kriteria ] - Berusia 18–45 tahun - Memiliki penghasilan yang dapat disisihkan untuk melakukan investasi - Berdomisili di seluruh wilayah Indonesia - Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia sebagai native language - Memiliki ketertarikan untuk melakukan investasi emas dengan menggunakan aplikasi [ Skenario Riset ] - Perkenalan - Penjelasan singkat mengenai maksud dan tujuan riset - Pertanyaan pembuka berdasarkan Questions list - Responden mengerjakan task - Meminta feedback kepada responden - Evaluasi menggunakan SUS [ Usability Metric ] Usability metric yang saya gunakan adalah SUS (System Usability Scale) untuk mengukur skala atau nilai kebergunaan sebuah sistem. [ Improvement ] Setelah Usability Testing, saya mendapatkan beberapa feedback, salah satu masukan user adalah masalah Bukti Transfer Emas, setelah transaksi berhasil seharusnya ada bukti yang bisa di share sehingga user tidak bingung, dan bisa menjadi back-up. [ Kesimpulan ] Ini merupakan proses pembuatan fitur baru aplikasi Amartha yaitu Investasi Emas. Challenge ini saya kerjakan kurang lebih 1 bulan secara berkelompok. Saya menjadi makin paham seiring menjalani beberapa tahap proses, saya juga mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Di tambah feedback dari mentor dan beberapa referensi dari teman-teman peserta magang lainnya.
Creator
ANGGUN RENATA
Partner Challenge
Amartha