Membuat fitur gamifikasi untuk Aplikasi Campaign
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Proyek yang kami kerjakan berdasarkan project briefing dengan Challenge Partner adalah membuat fitur gamifikasi. Dengan tujuan ingin meningkatkan konsistensi user dan retensi di aplikasi Campaign. Metode yang kami gunakan yaitu Design Thinking. Berawal dari tahap : - Emphatize = untuk mengumpulkan data, kami menggunakan metode secondary research seperti melihat user feedback di Google playstore, melihat data-data user di Campaign sebelumnya, melakukan interview user, serta mencari referensi di jurnal, medium, dan lain-lain. Setelah mengumpulkan data, kami masuk pada tahap.. - Define = menuliskan pain point user terhadap aplikasi dan membuat How Might We untuk pain points - Ideate = menentukan satu How Might We, kemudian membuat ide solusi berdasarkan How Might We yang telah dipilih lalu dari ide tersebut di kelompokkan berdasarkan fungsi nya yang disebut Affinity Diagram. Setelah dikelompokkan, kita menentukan ide mana yang harus dibuat terlebih dahulu dengan membagi nya di 4 kategori yaitu Do It Now, Do Next, Do Last, Later. Kami memutuskan untuk membuat sketsa Crazy 8 pada kategori Do It Now. Fitur yang kami buat untuk memecahkan permasalahan gamifikasi ini adalah Fitur Flash Challenge, Fitur Hunting Challenge, Fitur Tracking Progress dan Insight Point. - Prototype = disini kami membuat wireframe, design system yang dibutuhkan dan UI berdasarkan wireframe yang dibuat dan mengaplikasikan animasi prototype agar mengetahui alur fitur. - Testing = Setelah membuat UI dan prototypenya, kami melakukan usability testing pada 3 orang dan menghitung kuesioner dengan menggunakan metode SUS Score. Hasil yang didapatkan adalah ACCEPTABLE. Dari usability testing, tentu saja kami juga mendapatkan feedback dari user. Maka dari itu, kami membuat iterasi design berdasarkan feedback user.
Creator
Vivi Asri
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini