UI/UX

UX Case Study: Gamifikasi Fitur Pada Aplikasi Campaign.com

Lihat Preview Showcase
UX Case Study: Gamifikasi Fitur Pada Aplikasi Campaign.comLihat Preview Showcase

Deskripsi

Pada Proyek ini saya melakukan kegiatan yang dimana merupakan bagian dari program pelatihan UI/UX yang dilaksanakan oleh Skilvul, untuk program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Campaign.com sebagai Challenge Partner. Saya tidak bekerja untuk atau dikontrak secara profesional oleh Campaign.com. Disini saya melakukan challenge melakukan re-design diawali dengan kegiatan mengambil permasalahan yang terjadi terlebih dahulu oleh campaign.com diantaranya user kurang termotivasi dalam mengambil aksi. lalu saya mengambil permasalahan dari sumber lain berupa survey online/melalui google form, kemudian mencari feedback dari playstore/appstore. dan beberapa artikel lainnya.Yang sesuai dengan kriteria dan target yang dibutuhkan yaitu Gender: Perempuan, umur: 16–24 tahun, profesi: Pelajar Oleh sebab itu kami membuat beberapa fitur gamifikasi yang dibangun sesuai challenge partner yaitu - User Level / Point - Tanda bahwa user sudah mencapai level / poin tertentu - Reward di dalam aplikasi berdasarkan level / poin. Saya melakukan design process menggunakan design thinking sebagai metode pendekatan proses desain yang dibuat 1. Empathize di tahap ini kami mencari permasalahan yang terjadi dari beberapa sumber yang kami terima.salah satunya ialah user tidak antusias dalam menyelesaikan challenge 2. Define di tahap ini mengumpulkan beberapa poin besar dari hasil feedback yang kami terima dari user, lalu kami membuat how might we. yaitu melakukan apa yang harus kami buat dari permasalahan yang terjadi oleh user. salah satunya yaitu bagaimana meningkatkan antusias user dalam menuyelesaikan challenge 3. Ideate di tahap ini melakukan solusi ide yang kami tawarkan dari permasalahan yang ada, salah satunya ialah membuat fitur leaderboard agar berguna untuk meningkatkan antusias user dalam menyelesaikan challenge 4. Prototype di tahap ini hasil dari rancangan design yang saya buat dari permasalahan yang ada, ide, solusi yang ada. 5. testing di tahap ini melalukan testing prototype saya dengan responden/user yang sesuai dengan kriteria pengguna,target pengguna kami. Hasil belajar yang didapatkan dari Virutal Intership ini ialah dapat mendapat pengalaman dan wawasan ilmu baru serta dapat menambah keterampilan soft skill untuk membuat portfolio saya.

Creator

arya fatahilah


Partner Challenge

Campaign.com

Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Membuat design aplikasi Campaign #ForChange disertai dengan gamification agar pengguna tertarik mengikuti aksi

Campaign - ForChange Gamifikasi


Geyga Pamrayoga

UI/UX

UX Case Study: Improving Gamification for Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi


Nadiah Nur

UI/UX

Ide Gamification untuk Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi


Windy Diaztary