Waste4Change - UI/UX Challenge: Mendesain Ulang Website Program Send Your Waste (SYW) yang Merupakan Layanan dari Recycle With Us (RWU) untuk Menciptakan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Saya Bayu Pamungkas Wibisono dengan tim beranggotakan Dinda Inas dan Putri mendesain ulang fitur atau program SYW (Send Your Waste) pada layanan RWU (Recycle With Us) pada Waste4Change. Proyek ini merupakan bagian dari program pelatihan UI/UX yang dilaksanakan oleh Skilvul, yaitu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Waste4Change adalah sebagai challenge partner. Saya dan tim tidak bekerja atau dikontrak secara profesional oleh Waste4Change. Proses desain ulang dilakukan sesuai arahan yang diberikan oleh mentor. Metode desain yang tim kami gunakan dalam proyek ini adalah Design Thinking. Design Thingking terdiri atas 5 tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Tools yang kami gunakan dalam pembuatan desain ini adalalah Figma, Google Spreadsheet, Google Docs dan Google Meet. Sebagai UI/UX Designer, saya dan tim yaitu Dinda Inas dan Putri bertanggung jawab untuk membuat UI desain dengan beberapa tahapan yaitu secondary research sebelum memulai perancangan, membuat paint point, membuat how-might we, mencari solusi, membuat user flow, merancang wireframes dan hi-fi UI desain. Waste4Change ingin mendesain ulang UI dan flow fitur Send Your Waste. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya pengguna yang sering bertanya tentang cara menggunakan fitur pada website tersebut. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mendesain ulang fitur Send Your Waste di website Waste4Change agar lebih memudahkan user. User Target diantara lain sebagai berikut. 1. Berusia 20 — 35 tahun 2. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga atau wanita karir 3. Berdomisili di Jawa 4. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia sebagai native language 5. Peduli terhadap isu lingkungan 6. Hobby membaca, memilah sampah dan bercocok tanam 7. Tingkat ekonomi menengah ke atas 8. Dapat menggunakan website atau aplikasi Sebelum melakukan perancangan kami melakukan Secondary Research. Pada proses secondary research kami melakukan analisis pesaing dengan perusahaan atau aplikasi serupa yaitu TerraCycle, Rubicon Technologies dan WM. Saya bertugas untuk membadingkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh setiap website perusahaan tersebut. Tidak lupa kami juga menggunakan situs website tersebut sebagai referensi untuk desain UI kami. Selanjutnya kami juga mencari user feedback dari aplikasi serupa untuk menemukan masalah pengguna, kami juga melihat studi kasus UI/UX serupa di Medium untuk mendapatkan beberapa wawasan tentang masalah pengguna. Selanjutnya setelah mendapatkan informasi dari challenge partner dan juga melakukan secondary research, berikut adalah masalah yang kami kumpulkan: 1. Pengguna sering bingung tentang cara menggunakan situs web 2. Copywriting situs website cenderung membuat miskomunikasi 3. Alur situs website membingungkan dan panjang 4. Pengguna bingung antara dua program yang ditawarkan (Send Your Waste Reguler dan Send Your Waste Point Rewards) Pelaksanaan Prototype yang kami lakukan yaitu dengan melakukan pembuatan Wireframe yang High-Fidelity (Hi-Fi), berdasarkan User Flow yang sudah kami buat sebelumnya, pembuatan Wireframe berdasar User Flow tersebut dilakukan sebelum masuk ke tahap Prototype. Langkah tahapan berikutnya adalah saya dan tim membuat UI Styleguide yang terdiri dari Logo, Warna, Typography, Button dan Text Field tentunya juga menggunakan Material Design Icons dari Figma Community. Tahapan selanjutnya yang kami lakukan adalah membuat UI Design Tahapan terakhir adalah Testing, tujuan dari pelaksanaan tahap ini adalah untuk mengevaluasi masing-masing ide solusi yang telah tim pengembang buat dan rencanakan dengan melakukan metode pengambilan data berupa In-Depth Interview dan Usability Testing serta menggunakan Single Ease Question dengan skala 1–7. Dengan Research Objective sebagai berikut. 1. Mencari tahu kebutuhan pengguna dalam melakukan pengiriman sampah online. 2. Mencari tahu kebiasaan pengguna dalam melakukan pengiriman sampah online. 3. Mencari tahu tingkat kegunaan, kemudahan, dan kepuasan dari solusi ide yang ditawarkan pada alur proses Pendaftaran, Pemilihan Program, Pengiriman Sampah, dan Redeem Point. 4. Mencari tahu tingkat keberhasilan dari SEQ untuk program Send Your Waste pada website Waste4Change.
Creator
Bayu Pamungkas Wibisono
Partner Challenge
Waste4Change
Showcase lainnya dari challenge ini