UI/UX

UI/UX Challenge Skilvul-CROWDE

Lihat Preview Showcase
UI/UX Challenge Skilvul-CROWDELihat Preview Showcase

Deskripsi

Sebagai peserta challenge saya tergabung dalam tim yang beranggotakan 4(Empat) orang, yaitu Raga,Rima,Anggi dan Saya Sendiri. Kami berkolaborasi menentukan idea untuk solusi permasalahan, memilih fitur yang akan diprioritaskan dalam web, menuangkan ide ke dalam bentuk desain hingga testing.Kemudian Kami memilih design thinking dalam pengerjaan challenge ini.Kita mulai dengan Empathize.Empathize sendiri merupakan tahapan dimana mencari tahu pandangan dan kebutuhan user melalui research. Namun CROWDE telah menyediakan informasi target user melalui laman challenge Skilvul .mengacu pada permasalahan yang didapatkan dalam deskripsi challenge Crowde pada Virtual Internship Skilvul, yakni: website Crowde hanya bisa menjangkau satu target market saja yakni petani tradisional. Permasalahan utamanya adalah petani sulit mendapatkan mitra yang tidak hanya memberikan pinjaman dana usaha, namun juga mendampingi serta mengedukasi mereka untuk meningkatkan kualitas hasil usaha. Selain itu, peminjam sulit menjangkau informasi terkait Crowde.Next kami masuk dalam Define,kami berusaha menguraikan permasalahan user melalui pendekatan user-centeric.pain point yang kami hasilkan seperti Tidak ada mention mengenai Garap sehingga petani lebih mengenal Garap dari pada Crowde,Peminjam masih sulit menjangkau informasi,pengajuan pembiayaan diarahkan ke google doc.tidak langsung terintegrasi didalam web,dll. Setelah mendefine permasalahan user, selanjutnya kami membuat How-Might We sebagai acuan atas apa yang akan dilakukan dari permasalahan user tersebut.Dari beberapa How-Might-We,kami mendapatkan dua hal yang jadi pokok utama yaitu : *Memberikan kemudahan dalam mentracking Peminjaman * membuat tampilan website yang ramah lingkungan . Setelah menetapkan solusi idea, saya menggambar ide solusi ke dalam 8 bagian secara manual dan ringkas yang telah dirumuskan pada tahap How Might We.Kami juga membuat userflow yang dibuat berjenis task flow, yakni menggambarkan secara sederhana alur yang harus dilalui user untuk menyelesaikan suatu task. Task flow dibuat menggunakan FigJam. Di bawah ini merupakan task flow:Halaman home,fitur ajukan pembiayaan,Portofoliopartner,fitur kerjasama,Tentang kami,kontak kami.Kemudian sesuai alur proses yang direncanakan dalam task flow dengan menggunakan Figma, wireframe dapat memberikan gambaran struktur informasi dan layout interface.Kami juga membuat Design stystem disusun untuk memudahkan ketika membuat UI design & prototype. Dalam design styste terdapat komponen colorstyle, typography, button, input field, dropdown, header, icon, dan beberapa card.Kami lanjut membuat prototype untuk tahap testing.Metode yang digunakan adalah In-Depth Interview & Usability Testing dengan dihadirkan 1 user.Dalam tahap ini, prototype yang telah dibuat selanjutnya ditesting ke user untuk mendapatkan feedback.Dari user yang berhasil kami wawancara, feedback yang kami terima positif. UI web cukup nyaman digunakan oleh user flow pinjaman juga mudah untuk diikuti dengan beberapa penjelasan tambahan dan informasi serta masukan dari user yang sangat membangun.

Creator

Junidia Awoah


Partner Challenge

Crowde

Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Redesign Crowde, Website for lending capital for farmers

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Siti Rovikah

UI/UX

Pembaruan Aplikasi Pemodalan dan Peminjaman CROWDE

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Pahwana Sinulingga

UI/UX

MENDESAIN ULANG BEBERAPA FILTUR YANG ADA DI WEBSAITE CROWDE UNTUK MENINGKATKAN DAYA MINAT PEMINJAMAN MODAL USAHA TANI.

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Dewi utari