Redesign Program Recycle With Us Waste4Change
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Proyek ini yang adalah bagian dari program pelatihan UI/UX yang dilaksanakan oleh Skilvul sebagai bagian dari program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Waste4Change sebagai mitra tantangan yang menjadi mitra dari proyek ini. Saya mengerjakan proyek ini bersama tim yaitu dengan Dwi Melly Aprilia Sari dan Mochamad Haekal Sandy. Metode yang kami gunakan untuk membuat proyek ini adalah Design Thinking meliputi : Emphatize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Dengan menggunakan metode ini kami banyak menuangkan ide mengenai apa yang dapat meningkatkan semangat user dalam penggunaan program Recycle With Us platform Waste4Change. Kemudian dari hasil masalah yang sudah dikumpulkan, di dapat "How might we" yaitu : 1. bagaimana mendapat kepercayaan dari user? 2. bagaimana memudahkan user untuk proses pengiriman sampah? 3. bagaimana membuat tampilan desain yang tidak membosankan bagi user? Maka solusi yang dapat diberikan antara lain menampilkan testimoni dari user, mempermudah alur untuk mengirimkan sampah dan membuat desain yang menarik namun tetap user friendly. Untuk memecahkan permasalahan yang ada selanjutnya masuk pada tahap ideate yang dimulai dari 1. User Flow : Bertujuan untuk yang ingin dicapai dalam proyek ini, kami membuat user flow untuk menavigasikan pengguna mulai dari awal membuka platform hingga titik akhir penggunakan aplikasi yaitu untuk menyelesaikan task tertentu (dalam hal ini pengiriman sampah dan point redeem). 2. Wireframe : Sebelum membuat desain UI secara lengkap, kami merancang desain dalam bentuk wireframe dengan tujuan untuk menata konten dan mengatur fungsionalitas halaman dan mempertimbangkan kebutuhan user. 3. Design UI : Dari wireframe yang telah dibuat, selanjutnya adalah tahap design UI, kami mendesign dimulai dari halaman pendaftaran maupun halaman login sampai tahap halaman pengiriman dan halaman point redeem dibuat secara sederhana dan mudah digunakan agar pengguna merasa nyaman dan sehingga dapat meningkatkan jumlah pengguna pada aplikasi. Selanjutnya adalah tahap Prototype, yang dibuat dengan menggunakan Figma, tujuannya adalah untuk memberikan user gambaran lebih mengenai aplikasi yang dibuat. Terakhir adalah kegiatan usability testing dengan tiga responden yang betujuan untuk mengevaluasi desain dengan solusi yang telah ditentukan sebelumnya serta mendapatkan saran dan masukan sebanyak banyaknya dari user secara langsung. Dengan target pengguna adalah berjenis kelamin Wanita/Laki Laki, Berusia 20–50 tahun, Berdomisili di pulau Indonesia, tingkat ekonomi menengah ke atas, memiliki tingkat pemahaman teknologi yang baik, dapat mengakses komputer, handphone dan atau tablet dengan baik. Sebagaimana proses yang telah dilakukan dalam keseluruhan usability testing yang melibatkan 3 responden, seluruh responden tidak mengalami kendala dan kesulitan. Desain yang dibuat dan fitur yang ditawarkan juga mendapatkan feedback positif. Responden memberikan banyak saran dan masukan membangun yang dapat digunakan untuk perbaikan tampilan desain. Saran dan masukan tersebut telah dikumpulkan dan digunakan untuk perbaikan tampilan sehingga didapatkan hasil desain UI final sebagaimana yang telah dikumpulkan pada proyek ini. Kemudian ada banyak perubahan yang saya dapatkan dalam mengikuti virtual internship ini. menambah ilmu design yang sebelumnya belum saya dapatkan, dan materi yang disediakan skilvul dapat membantu saya dalam proses pembelajaran, bertemu dengan teman baru serta didampingi oleh mentor yang berkompeten dibidang nya. Terakhir adalah saya dapat merasakan bagaimana mengerjakan proyek dari partner challenge ini merupakan suatu tantangan yang menarik bagi saya.
Creator
Vely Dwiana Sari
Partner Challenge
Waste4Change
Showcase lainnya dari challenge ini
UI/UX Case Study : Send Your Waste pada platform Waste4Change
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Meylisa Raharjeng
Desain Ulang Program Recycle With Us Waste4Change
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Miftahul Hafidhah Wifaq
Penerapan metode Design Thinking pada studi kasus UX Waste4Change versi seluler
Waste4Change - Send Your Waste WebApp
Permata Ardiantike N