UI/UX

Desain Ulang Halaman Recycle Landing Page, Page Pengiriman, Page Rendeem Point, dan Page Transisi Payment. Beserta membuat desain tampilan website.

Lihat Preview Showcase
Desain Ulang Halaman Recycle Landing Page, Page Pengiriman, Page Rendeem Point, dan Page Transisi Payment. Beserta membuat desain tampilan website.Lihat Preview Showcase

Deskripsi

Dalam menyelesaikan proyek ini yaitu Redesign halaman recycle landing page, page pengiriman, page Rendeem point, dan page transisi payment saya dan teman kelompok melakukan user research untuk memahami user, selain itu juga melakukan research pada website waste4change untuk memahami flow Send Your Waste, mendefenisikan permasalah user dan memberikan ide solusi untuk menyelesaikan masalah user pada tahapan define dan ideate, membuat wireframe untuk Send Your Waste, mendesain user interface untuk Send Your Waste, membuat prototype web mobile sebagai solusi untuk permasalahan layanan Send Your Waste, melakukan pengujian terhadap prototype yang sudah dibangun. Saya menggunakan metode design thinking yang dimana terdapat 5 tahapan pada design thinking yang sangat berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang tidak jelas : Empathize-Define-Ideate-Prototype-Test. 1. Empathize Pada tahap pertama ini dilakukan dengan melakukan user research dengan kriteria user yang berdasarkan pada objektif. 2. Define Setelah mengumpulkan dan menganalisis semua informasi yang diperoleh dari tahap empathize, langkah selanjutnya adalah menentukan masalah pengguna yang kemudian akan diselesaikan dalam perancangan produk ini. Tahap define yang saya lakukan terdiri dari pembuatan problem statement dan mapping user journey. Pada tahap ini saya menggunakan Figjam untuk membuat paint point dan how might we. 3. Ideate Setelah menganalisis masalah dan peluang, kami merumuskan solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang telah dikumpulkan pada tahap Define. Ide solusi yang ditulis akan begitu banyak sehingga nantinya akan dikerucutkan dengan menggunakan Prioritization Idea. dan membuat solusi yaitu Membuat aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam mengelolah sampahnya dengan tampilan yang simpel dan friendly dan alur yang mudah dipahami. 4. Prototype Pada tahap ini ide-ide yang diperoleh pada fase Ideate diwujudkan dalam bentuk prototype sistem/website. Pada fase prototyping tim mendesain UI dan membuat prototype yang dapat digunakan untuk testing. pada tahap ini kami menyusun userflow atau alur pengguna mengacu pada serangkaian langkah yang harus dilakukan pengguna situs web atau aplikasi untuk menyelesaikan tugas, membuat wireframe atau sebuah kerangka untuk menata suatu item di laman website atau aplikasi, lalu membuat ui design dari wireframe yang sebelumnya sudah dibuat. 5. Testing Testing dilakukan untuk memvalidasi dan mengevaluasi ide pemecahan permasalahan user. Testing dilakukan dengan melakukan interview, Single Ease Question dan kuesioner System Usability Scale. Saya mendapat responden seorang mahasiswi bernama dwi susilowati 21 tahun berasal dari surabaya. Task yang diujikan kepada responden adalah: Task 1 : Masuk halaman SYW Task 2 : Membuat kiriman baru Task 3 : Melakukan pembayaran Task 4 : Melakukan rendem Point Hasil Pengujian: Percobaan Task 1, user tidak mengalami kendala saat masuk ke halaman Login dan Sign Up Percobaan Task 2, user tidak mengalami kendala saat masuk ke halaman SYW Percobaan Task 3, user dapat menyelesaikan proses membuat kiriman baru, akan tetapi user meminta agar ada fitur chat atau informasi mengenai nomor telepon kurir. Percobaan Task 4, user berhasil menyelesaikan proses pembayaran Percobaan 5, user berhasil melakukan rendeem poin. user meminta agar rendeem poin dihighlight. Dampak yang diharapkan nantinya untuk user ialah lebih mudah memahami alur pengiriman sampah sehingga mulai terbiasa menggunakan layanan ini, semakin termotivasi untuk mengelola sampah anoganiknya. dan untuk bisnis semakin banyak proses daur ulang yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan penggunaan program ini. Kesimpulan : Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa desain yang dibuat sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna dan mudah digunakan. dan mendapat nilai SEQ 6 Namun, dapat lebih ditingkatkan sesuai dengan umpan balik yang diberikan oleh peserta pengguna. Kami menyadari, dalam mendesain ulang aplikasi web Waste4change masih banyak kekurangan dan sudut pandang lain yang dibutuhkan dari pengguna yang menjadi target dari Waste4change. Semoga desain ini akan membantu pengguna untuk berkontribusi pada program SYW waste4change dengan mudah.

Creator

Febrianti Sepentina Batubara


Partner Challenge

Waste4Change

Waste4Change

Waste4Change - Send Your Waste WebApp

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Redesign Website Waste4Change Layanan RWU (Recycle With Us) dengan beberapa program seperti SYW (Send Your Waste)

Waste4Change - Send Your Waste WebApp


Atikah Suci Ramadhani

UI/UX

Desain Ulang Fitur SYW dan RWU Pada Waste 4 Change

Waste4Change - Send Your Waste WebApp


Khofifah Adelia

UI/UX

Desain Ulang Halaman Poin Reward UI dan Flow Redeem

Waste4Change - Send Your Waste WebApp


Indra Maryati