Fitur Gamification pada Aplikasi Campaign
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Permasalahan yang dihadapi pengguna dalam menyelesaikan challenge dengan mengambil aksi selama beberapa hari tidaklah mudah, maka dari itu Campaign.com ingin membangun sistem gamification yang akan menjadi motivasi tambahan dalam user mengambil aksi. Metrics yang akan menjadi perhatian dalam pengembangan ini adalah completion rate dari pengguna yang sudah mengikuti challenge. Pada proyek challenge partner ini dikerjakan secara tim yang terdiri dari 2 anggota lainnya dengan menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Dimulai tahap Empathize, sudah ada penjelasan singkat yang diberikan dari Challenge Partner dan juga menggunakan metode Secondary Research untuk mengetahui gambaran permasalahan apa saja yang dialami oleh pengguna. Tahap Define, dijabarkan kembali permasalahan apa yang dihadapi pengguna yang dibuat berupa Pain Points. Tahap Ideate, dimana penyaluran ide solusi dari hasil brainstorming yang digunakan sebagai acuan dalam menyelesaikan permasalahan yang dibuat berupa How-Might We, Solution Idea, Affinity Diagram, Prioritization Idea dan Crazy 8’s. Tahap Prototyping, dimana tahap mewujudkan solusi ide yang sudah dibuat sebelumnya kedalam bentuk nyata yaitu yang sudah berupa desain High Fidelity dengan tambahan flow interaktif. Solusi ide yang dibuat terdiri dari Sistem XP, Check-In, Leaderboard, User Level dan Reward. Tahap testing, dimana tahap untuk mengetahui apakah solusi yang sudah dirancang sebelumnya dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna dengan profil pengguna yaitu bergender Perempuan/Laki-laki, berusia 16-24 tahun dan berprofesi sebagai pelajar. Saya dan tim melakukan user research menggunakan In-depth Interview & Usability Testing kepada 1 responden kami yang memiliki ketertarikan mengikuti kegiatan aksi sosial dengan melakukan uji coba prototype desain fitur gamifikasi yang sudah saya dan tim buat. Kami meminta user untuk melakukan beberapa Task berdasarkan Prototype yang sudah dibuat, dan dari hasil testing tersebut, pengguna menilai bahwa Fitur Gamifikasi yang ada sudah cukup membuat user merasa termotivasi untuk bisa konsisten dalam menyelesaikan challenge di Campaign.com. Kemudian juga dari hasil testing tersebut, ada beberapa feedback dari responden terkait desain sehingga dapat membantu saya dan tim kelompok melakukan Iterasi Desain. Kemudian, refleksi hasil belajar yang saya dapatkan selama mengikuti program Virtual Internship yang selama 4 bulan ini adalah saya bisa belajar salah satu skill digital yaitu UI/UX Design, ini merupakan pengalaman baru yang sangat berharga bagi saya karena pada akhirnya berkesempatan mengikuti seluruh rangkaian program mulai dari penyampaian materi pembelajaran berupa metode blended-learning hingga pengerjaan projek challenge partner, saya merasakan adanya peningkatan skill yang tidak hanya secara Hard Skill tetapi juga secara Soft Skill, karena dalam pengerjaan projek challenge partner ini dilakukan secara tim kelompok dimulai dari tahap awal hingga akhir, sehingga saya sangat banyak belajar bagaimana caranya bekerja sama secara tim, berkoordinasi dengan tim, hingga memiliki komunikasi yang baik sesama anggota tim untuk bisa menyelesaikan proyek Challenge Partner dengan baik.
Creator
Eka Widy Yuniati
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini
UX Case Study: Fitur Gamifikasi Aplikasi Campaign #ForChange
Campaign - ForChange Gamifikasi
Putu Heri Setiawan
UX Case Study | Gamification Pada Campaign.com
Campaign - ForChange Gamifikasi
Christ B
Gamification Aplikasi Campaign #ForChange
Campaign - ForChange Gamifikasi
Adhityah Anugrah