Judul: Amartha's Gold Investment Design. Terdiri dari fitur: Gamification, Graphic / Statistic, Transaction, dan Notification
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
1. Deskripsi singkat dan metode: Amartha (PT Amartha Mikro Fintek) merupakan layanan pendanaan yang menerapkan P2P Lending melalui digital yang telah memperoleh izin usaha dari OJK. Challenge: Membuat Layanan Investasi Emas yang dibungkus dengan gamifikasi serta UI yang menarik dan menyenangkan saat digunakan. Dalam projek ini saya memilih menggunakan metode Design Thinking sebagai pendekatan design process. 2. Design Thinking terdiri dari: a. Empathise: mencari tahu pandangan & kebutuhan dari target pengguna dengan research. Metode yang kami lakukan yaitu secondary research. Hasil: • Alur investasi sulit dipahami oleh pengguna • User Kurang termotivasi untuk melakukan investasi • Tampilan app tidak user friendly • Tidak banyak bonus dari transaksi emas. b. Define: mendefinisikan permasalahan user dari hasil Empathise. Disini kami mengumpulkan beberapa insight dan paintpoint kemudian melakukan How-Might We untuk mencari opportunity yang dapat memecahkan masalah yang ada di problem brief sebelumnya. setelah itu kami mulai voting. Hasil: • membuat user mudah mengerti informasi • memberikan kenyamanan dan aman bagi user • membuat semangat user dalam berinvestasi emas. c. Ideate: mengidentifikasi solusi serta menyelidiki dan menguji ide-ide untuk memecahkan masalah (solution idea), kemudian menggelompokan ide-ide (affinity diagram). Hasil: Graphic/Statics, Gamification, Guide/Get Help, Transaksi, Notification, System, dan Keamanan. Setelah ide tersebut dikelompokkan, maka kami membuat Prioritization Idea setiap fitur terdiri atas 4 yaitu yes do it now, do next, do last, dan letter. Selanjutnya, membuat user flow/langkah-langkah yang diambil pengguna saat melakukan investasi emas. Disini kami membuat 3 user flow yaitu Pembelian Emas, Penjualan Emas, dan Set notification ketika emas harga emas berada di puncak tertentu. Selanjutnya membuat blueprint yang bertujuan menyampaikan susunan, struktur, layout, navigasi serta organisir konten yang dibuat dengan warna hitam putih. Kemudian kami lanjut membuat Design System untuk mempermudah proses mendesain UI nanti dan agar Style UI lebih Konsisten. d. Prototype: membuat desain tampilan antarmuka (High Fidelity). Disini kami membuat tampilan yang sederhana yang mudah dimengerti oleh pengguna Investasi Emas. e. Test: melakukan usability testing produk desain investasi emas Praktek ini dilakukan dengan metode In Depth Interview dan Single Ease Question (SEQ). Pada formula penilaian dari usability testing, Single Ease Question memiliki ketentuan skala 1–7, rancangan Desain Investasi Emas mendapatkan nilai 6 (passed). 3. UI Design Iteration: memperbaiki desain berdasarkan feedback saat user research yang bertujuan memastikan bahwa persyaratan sistem memenuhi kebutuhan pengguna investasi Emas. Hasil: • Pada task pembelian emas menambahkan list voucher yang mau digunakan pengguna • Pada task penjualan emas dihalaman konfirmasi menambahkan berapa total harga emas, dan gram yang terjual • Pada task set notifikasi harga emas mengubah posisi fitur set notifikasi • Untuk Reminder bisa diset untuk berapa hari atau bulan saja • Menambahkan berita dunia seputar emas 4. Refleksi Hasil Belajar: Dari pengerjaan challenge, selain semakin memahami pentingnya berinvestasi terutama Investasi Emas, saya belajar dan berlatih membuat sebuah desain aplikasi investasi emas dengan gamifikasi agar masyarakat lebih tertarik dalam berinvestasi.
Creator
Valentine Trihandayani
Partner Challenge
Amartha