UI/UX

Desain Ulang Website CROWDE (Halaman Peminjaman Modal, FAQ, Register dan Login, Profil )

Lihat Preview Showcase
Desain Ulang Website CROWDE (Halaman Peminjaman Modal, FAQ, Register dan Login, Profil )Lihat Preview Showcase

Deskripsi

Desain Ulang Website Crowde merupakan proses UI/UX Design yang dilatarbelakangi oleh penambahan tiga target pengguna baru pada website CROWDE yaitu petani tradisional, petani modern atau trader, serta pemilik toko tani namun saat ini website CROWDE hanya dapat memenuhi target pengguna petani tradisional saja. Pada challenge kali ini, kami mendapatkan profil pengguna yaitu Gender : Pria dan Wanita Umur : 30 - 55 tahun Profesi : Pengusaha, Melanjutkan usaha orang tua Geografis : Pedesaan terutama Subang, Bogor dan Sukabumi dengan kebiasaan sebagai berikut. 1. Biasa menggunakan WA dan Facebook 2. Tingkat pemahaman tentang teknologi mulai dari rendah hingga menengah 3. Penggunaan bahasa daerah masih tinggi 4. Penggunaan brosur dan spanduk masih tinggi. Setelah mendapatkan profil pengguna, lalu kami menentukan metode yang digunakan untuk proses UI/UX Design dengan menggunakan Design Thinking dimana terdapat 5 tahapan yang perlu dilakukan antara lain: 1. Empathize Pada tahap ini, kami melakukan secodary research untuk mendukung proses empati kepada pengguna. hasil dari secondary research akan digunakan untuk proses define 2. Define Lalu, pada proses define kami membuat pain point yaitu kendala apa saya yang dialami oleh pengguna dan membuat how-might-we untuk membuat pertanyaan terkait solusi yang diharapkan bisa mengatasi pain poin yang ada 3. Ideate Setelah membuat pain point dan how-might-we lalu kami mulai brainstorming ide untuk menemukan solusi yang dibisa digunakan lalu memprioritaskan ide-ide mana yang bisa digunakan menggunakan affinity diagram melihat dari user value dan effort yang perlu dikeluarkan. 4. Prototype Lalu setelah proses ideate selesai, dilanjutkan dengan proses prototype dimana kami mulai membuat userflow, wireframe, ui style guide, ui design, dan prototype. 5. Testing Hasil dari tahap prototype akan digunakan pada proses testing dimana pada tahap ini kami menggunakan Single East Question (SEQ) untuk mengukur kemudahan dari setiap fitur yang sudah kami design. Hasil: Hasil dari design yang kami buat terdapat 4 fitur utama antara lain: 1. Fitur Login dan Register Fitur login dan register merupakan halaman yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat akun baru maupun masuk kedalam sistem untuk bisa mengajukan pemodalan 2. Fitur peminjaman pemodalan Fitur peminjaman pemodalan merupakan halaman dapat digunakan oleh pengguna untuk mengajukan peminjaman modal baru pada CROWDE yang sudah diintegrasikan dengan website CROWDE langsung tanpa menggunakan google form dan pengguna bisa memilik tipe mitra tani sesuai dengan kondisi masing-masing. Pada fitur peminjaman modal, terdapat beberapa antara lain : halaman memasukkan waktu, biaya, dan kategori mitra tani, halaman data penganggung jawab, halaman informasi pertanian, halaman, unggah berkas, halaman konfirmasi dan halaman status peminjaman modal 3. Fitur ubah profil Fitur ubah profil dapat digunakan untuk pengguna ketika ingin melakukan perubahan terkait data yang sudah dimasukkan dalam website CROWDE 4. Fitur FAQ dan guidebook Fitur FAQ merupakan fitur yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengajukan pertanyaan baru maupun membaca pertanyaan yang sudah ada di website tersebut. kemudian fitur guidebook merupakan fitur untuk pengguna bisa mengunduh buku panduan terkait tata cara penggunaan website CROWDE maupun mtata cara mengajukan peminjaman modal.

Creator

Widiareta Safitri


Partner Challenge

Crowde

Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Redesign Website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Alvina Eka Widayanti

UI/UX

UI/UX Case Study: Redesign Website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Rifqi Syamsu Zulkarnain

UI/UX

UX Case study Redesign Website Crowde dan beberapa fitur

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Andy Pratama Julianto A