Gamification : Campaign.com
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Campaign.com merupakan platform sosial yang menghubungkan organizer, suporter yaitu pengguna yang mengambil challenge dan mengupload aksi yang peduli dengan sosial isu, kemudian sponsor yaitu company atau brand yang mau sponsori tentang sosial isu. Tetapi Campaign menyadari bahwa kebanyakan pengguna tidak konsisten melaksanakan challenge setiap hari, sehingga Campaign ingin membuat fitur gamification yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi pengguna untuk mengikuti challenge dan menggunakan aplikasi. Maka dari itu untuk memecahkan permasalahan tersebut, saya dan kelompok saya menggunakan Design Thinking sebagai pendekatan, karena merupakan design proses yang dapat berulang sehingga lebih mudah mendapatkan pendekatan untuk menyelesaikan masalah pengguna. Tahap pertama yang kami lakukan adalah Empathise untuk mencari tau permasalahan pengguna dengan menggunakan Secondary Research dari review aplikasi di app store dan mendapatkan poin permasalahan pengguna, kemudian kami melakukan Define untuk mendefenisikan permasalahan pengguna, kemudian melakukan Ideate yaitu memberikan ide yang dapat menyelesaikan permasalahan pengguna dan kami memberikan beberapa ide yaitu kami memberikan hadiah berupa poin untuk pengguna yang melakukan login harian, mengupload aksi dan mengundang teman, kemudian kami juga memberikan ide untuk membuat game ringan yang dapat dimainkan ketika pengguna selesai mengupload aksi, lalu hadiah poin yang telah didapatkan dan dikumpulkan dapat di tukar menjadi merchandise atau hadiah lainnya. Kemudian kami membuat user flow yang merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan user untuk menyelesaikan tugas. Lalu membuat wireframe yaitu gambaran kasar aplikasi, kemudian membuat UI Design dan membuat prototype untuk memudahkan user dalam menjalankan aplikasi. Selanjutnya kami melakukan User Research, dimana kami melakukan wawancara secara mendalam dengan pengguna dan mencatat hasilnya di Record User Research. Kami juga menggunakan Single East Question yang merupakan skala 1-7 parameter keberhasilan yang diukur dari sisi kemudahan maupun kegunaan dan kami mendapatkan nilai 6,5 dari hasil user research yang telah kami lakukan, sehingga dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna sudah cukup puas dengan fitur yang telah kami buat. Tetapi pengguna juga memberikan beberapa feedback mengenai tampilan pada design kami dan kami juga langsung mengubah tampilan tersebut dan belajar dari feedback yang diberikan pengguna.
Creator
Alya Febriani Lubis
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini