UI/UX

Adding Gamification Features: Campaign Apps

Lihat Preview Showcase
Adding Gamification Features: Campaign AppsLihat Preview Showcase

Deskripsi

Redesign dan penambahan fitur Gamification aplikasi Campaign sampai tahap testing dengan user terhadap solusi desain yang telah kami buat sebelumnya. Pada proses pembuatan desain dilakukan secara berkelompok dengan 3 anggota kelompok. Proyek ini dilaksanakan berdasarkan tahapan singkat dengan mengunakan metode design. Dimulai dengan gambaran umum mengenai Campaign. Campaign adalah aplikasi yang memungkinkan kita berdonasi tanpa mengeluarkan uang sambil melakukan aksi sosial. Dengan misi #ForChange mereka, Campaign menawarkan banyak tantangan yang bisa kita ikuti untuk melakukan aksi sosial. Setelah kami menyelesaikan tantangan dan akan mendapatkan donasi yang mana donasi tersebut akan ditransfer ke penyelenggara (organizer). Permasalahan 1. User tidak memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan sosial 2. Bosan dalam menggunakan aplikasi 3. Fitur yang disedikan belum terlalu banyak 4. Kurangnya Reward yang diberikan Objektif 1. Menambahkan Fitur Gamification yang dapat menarik user menggunakan aplikasi Campaign dan membuat user tidak cepat bosan menggunakan aplikasi Campaign. 2. Melakukan redesign terhadap aplikasi Campaign agar tampilan dan flow yang dihasilkan dapat membantu user menggunakan aplikasi Campaign. Metodelogi Dalam proses redesign aplikasi Campaign, kami menggunakan tahapan dalam proses metode design thinking. Metode Design Thinking ini berfokus pada permasalahan manusia atau pengguna dan berbasis solusi dari permasalahan yang dialami oleh pengguna. Aspek Design Thinking yang berpusat pada manusia membantu kami mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pengguna dan kebutuhan mereka, sedangkan aspek berbasis solusi membantu kami menciptakan solusi inovatif. Dengan metode ini, kami mendefinisikan pengguna dan kebutuhan mereka yang akan diproses menjadi solusi. Menggunakan metode design thinking, memungkinkan kita untuk berinteraksi satu sama lain untuk menerima masukan. Ada lima fase design thinking: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Solution Idea 1. Spin Challenge 2. Kolaborasi Challenge 3. Live Challenge 4. Checkin aplikasi 5. Sosial Games 6. Story Challenge 7. Reward Energy(poin) 8. Marchindise 9. Progress Aksi 10. Leaderboard Yang sudah saya dapatkan yaitu: Saya telah belajar banyak tentang Desain UI/UX menggunakan Metode Design Thinking & saya dapat melakukan banyak hal mengenai Desain UI/UX terutama dengan Metode Design Thinking dari Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada saat pembelajaran dengan program ini saya mendapatkan banyak teman atau relasi yang selalu memotivasi saya untuk menyelesaikan tugas dari SVI dan kita bisa berdiskusi bersama tentang tugas atau apapun tentang Desain UI/UX. Itu adalah perjalanan yang menyenangkan dan menantang! Saya akan melanjutkan Desain UI/UX untuk belajar lebih banyak lagi

Creator

Haerani ani


Partner Challenge

Campaign.com

Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Redesign App campaign gamification system

Campaign - ForChange Gamifikasi


Azadin Nugraha

UI/UX

Fitur Gamification Aplikasi Campaign.com

Campaign - ForChange Gamifikasi


Ilham Suci Putra

UI/UX

UX Case Study : Desain Gamification Aplikasi Campaign for Change

Campaign - ForChange Gamifikasi


Amar Hamdani