Membuat Sistem Gamification pada Aplikasi Campaign #ForChange untuk Meningkatkan Motivasi User dalam Mengerjakan Challenge
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Campaign #ForChange merupakan sebuah aplikasi yang berisi kegiatan aksi sosial dimana pengguna berperan sebagai “Supporter” yang dapat memilih berbagai “Challenge” yang tersedia sesuai dengan minatnya. Namun pihak Campaign menyadari bahwa mengajak pengguna untuk menyelesaikan Challenge yang terdiri dari beberapa aksi selama beberapa hari tidaklah mudah. Oleh karena itu Campaign berupaya untuk meningkakan motivasi user dalam mengerjakan aksi dengan sistem gamification. Untuk memecahkan masalah tersebut saya dan tim saya menggunakan Design Thinking sebagai design process karena prosesnya dapat dilakukan secara berulang hingga diperoleh hasil akhir yang lebih baik. Tahap pertama yang kami lakukan adalah Empathize dengan menggunakan metode Secondary research sehingga kami memperoleh beberapa poin permasalahan yang dihadapi oleh user. Kemudian kami mencoba untuk menciptakan peluang yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan user dengan membuat list How Might We. Kami memilih salah satu peluang yang nantinya akan kami jadikan ide solusi, yaitu membuat sistem gamification untuk meningkatkan motivasi user dalam mengerjakan Challenge. Berdasarkan peluang tersebut, kami mencoba untuk menuangkan beberapa solusi yang dapat kami lakukan seperti pemberian poin setelah menyelesaikan aksi dan challenge, membuat game sederhana, dan leaderboard. Kemudian kami mengelompokkan ide yang telah kami buat menjadi beberapa kategori berdasarkan fiturnya. Lalu memilih kategori mana yang akan diprioritaskan terlebih dahulu dan membuat sketsa kasar dari ide tersebut kedalam kertas HVS yang dibagi menjadi 8 bagian. Selanjutnya membuat user flow sesuai dengan ide yang ditawarkan dan membuat wireframe yang akan menjadi blue print pada saat mendesain UI. Sebelum mendesain UI, dilakukan pembuatan UI styleguide yang berisi berbagai komponen UI design nantinya. Kemudian pembuatan UI design dengan menggunakan UI styleguide. Proses pembuatan UI design memerlukan beberapa pertimbangan seperti kesesuaian ide dengan desain yang akan dibuat, dan keindahan desain yang sejalan dengan kegunaannya. Terakhir adalah pembuatan prototype supaya desain yang dibuat dapat dijalankan oleh pengguna. Untuk mengetahui keberhasilan dari desain yang telah dibuat, diperlukan pengujian langsung kepada pengguna aplikasi Campaign yang kebanyakan berprofresi sebagai pelajar atau mahasiswa. Melalui tahap testing yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa desain yang telah kami buat berhasil memberikan motivasi tambahan kepada pengguna dengan adanya pemberian reward, game ringan, user level, dan fitur “ingatkan saya”. Selama pengerjaan proyek tentu didapati beberapa tantangan dan kesulitan, tetapi dengan komunikasi yang baik bersama dengan rekan tim dan bantuan dari mentor, maka kesulitan yang ada tidak menjadi penghalang. Saya juga menyadari bahwa dalam pengerjaan suatu studi kasus, pemecahan masalah menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk meciptakan desain yang baik dan bermanfaat.
Creator
Patrisia Tambunan
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini
Meningkatkan Penggunaan Aplikasi Campaign.com dengan Gamification
Campaign - ForChange Gamifikasi
yuli ayu wandira
Penambahan Gemifikasi Fitur Poin Aplikasi Campaign.com
Campaign - ForChange Gamifikasi
Nia Chusnafariha
Studi Kasus UI UX— Campaign.com Gamification
Campaign - ForChange Gamifikasi
Yesi Sulasih