Pengembangan Sistem Gamification pada Aplikasi Campaign #ForChange
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Campaign.com memiliki user yang disebut sebagai “Supporter”. Sebagai user, nantinya mereka dapat memilih berbagai “Challenge” yang tersedia sesuai minat. Proyek kali ini memiliki tujuan untuk membantu memotivasi pengguna dalam melanjutkan aksinya hingga masa akhir periode aksi tersebut. Selain itu, hal tersebut dapat meningkatkan ketertarikan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Metode yang digunakan dalam proyek ini adalah design thinking di mana memiliki 5 tahapan diantaranya empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Solusi yang kami dapat berikan antara lain memberikan fitur pop-up notification untuk pengambilan aksi sebagai pengingat, fitur leaderboard, dan fitur share poin kepada teman atau sesama pengguna. Kami juga melakukan testing dengan cara interview terhadap responden yang merupakan seorang mahasiswa di Lampung berusia 21 tahun. Hasil Single Ease Question yang didapatkan adalah 6/7. Masih banyak ruang untuk eksplorasi dan peningkatan, jadi kami perlu melakukan banyak iterasi di masa mendatang untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna terbaik. Terutama pada fitur gamification untuk meningkatkan motivasi pengguna dalam mengambil Challenge.
Creator
Neny Tiara
Partner Challenge
Campaign.com
Showcase lainnya dari challenge ini
Fitur gamification pada aplikasi campaign
Campaign - ForChange Gamifikasi
Septy Anggrelia
Tingkatkan Keterlibatan & Retensi Pengguna Campaign.com — Studi Kasus UX
Campaign - ForChange Gamifikasi
Muhammad Yaasiin Hidayatulloh
Prototype Aplikasi Campaign - Virtual Internship DTS
Campaign - ForChange Gamifikasi
Sajar Budi Prasetyo