UI/UX

UI/UX Case Study: Re-Design CROWDE Platform

Lihat Preview Showcase
UI/UX Case Study: Re-Design CROWDE PlatformLihat Preview Showcase

Deskripsi

Sebelum project UI/UX dibuat, saya bersama tim mendiskusikan terlebih dahulu apa yang menjadi topik permasalahan untuk dibahas lebih lanjut. Kemudian, masing-masing dari kami mencari sumber-sumber desain website peminjaman modal dari perusahan-perusahan yang sudah lebih dahulu terjun dalam hal tersebut. Disamping kami research website yang bergerak di bidang bisnis, beberapa masalah-masalah dalam peminjaman modal ke petani juga masih banyak yang belum terselesaikan. Maka dari itu, kami mencoba mendesain ulang dari website CRWODE untuk membantu mengurangi sekaligus menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Define adalah tahap lanjutan dari proses berpikir design thinking yaitu menjelaskan masalah tersebut. Di fase ini kita mulai mengetahui apa yang menjadi hambatan bagi user dari hasil pengamatan yang kita dapatkan dari tahap empathize tadi. Pain Points Proses ini adalah langkah awal untuk mencatat atau listing beberapa masalah terkait konten ataupun fitur yang menjadi permasalahan sebagian besar pengguna. tampilan awal penjelasan di home kurang menjelaskan apa maksud website Pendaftaran menggunakan gform kurang efektif kalender kegiatan yang ditampilkan kurang menarik perhatian 2. Affinity Diagram Proses ini dilakukan setelah pain point untuk mempermudah designer dengan mengelompokan pain point menjadi beberapa sub problem. Help and Support UI Design User Accessibility Login and Registration Peminjaman 3. How Might We Proses ini adalah ide pertanyaan untuk menemukan solusi dari permasalahan. Bagaimana agar tampilan beranda/home lebih terhighlight pada bagian yang diinginkan? Bagaimana agar Crowde meningkatkan kepercayaan user? Bagaimana cara membuat user tertarik untuk melakukan peminjaman? Tahap selanjutnya adalah Ideate. Setelah memahami apa masalah pengguna terhadap pembelajaran dan menganalisis informasi-informasi sebelumnya, berikutnya yaitu menghasilkan ide-ide solutif yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang sudah didefinisikan sebelumnya. Tahapan ini juga perlu dilakukan untuk menghasilkan sebanyak mungkin sudut pandang serta ide-ide baru. Seperti yang pernah dipelajari sebelumnya, ada beberapa macam teknik menemukan ide yang dapat digunakan seperti brainstorm, brain white, scamper, mind mapping hingga worst possible idea. Setelah memilih salah satu teknik dari pemikiran di atas biasanya di akhir fase, saya dan tim memilih beberapa ide untuk diterapkan pada proses design thingking yang sedang dibuat. Solusi-solusi di atas adalah jawaban dari proses How Might We, setelah itu dipilih berdasarkan urgensi kebutuhan user terhadap aplikasi. Kemudian pembuatan user flow mempermudah pembuatan desain aplikasi selanjutnya yaitu pembuatan flow fitur-fitur yang nantinya akan menentukan desain website seperti apa yang diinginkan dan tidak membingungkan desainer dan user saat melakukan interview ke user. Lalu, Merancang desain kasar atau sketch UI nya sebelum ke tahap wireframe. Setelah itu disempurnakan dalam bentuk wireframe yang di desain melalui figma. Terkahir adalah testing ke user. Melalui interview dan menguji kemampuan user dengan usability metric. Solusi desain yang ditawarkan kepada user, sebaiknya diuji dan dicoba langsung oleh user, agar user merasakan simulasi website re-design CROWDE yang lebih real. Kami mencoba interview salah satu user untuk menggunakan prototype di figma. Bagian testing adalah hal yang sangat krusial untuk menunjang kemajuan produk yang nantinya akan dipasarkan ke masyarakat.

Creator

Monifa Arini


Partner Challenge

Crowde

Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Desain Ulang Halaman Layanan Ajukan Peminjaman dan Pemodalan Petani pada Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Ainunnisa Dini S

UI/UX

Pembaharuan Tampilan dan Penambahan Fitur Pelacakkan pada Website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Christine Christine

UI/UX

Re desain tampilan website untuk Layanan Ajukan Peminjaman dan Pemodalan Petani

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


M Rifki