Desain Layanan Investasi Emas Aplikasi Amartha
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
METODE: pendekatan UX Design Process yaitu Design Thinking. Pain Point/masalah : kami menemukan 20 pain points dalam layanan investasi emas, contohnya seperti kekhawatiran keamanan gold investment, kurang mudahnya metode pembayaran dll. HOW MIGHT WE : Menyediakan informasi skenario resiko & profit investasi emas serta gamification feature kepada investor sehingga mereka tertarik untuk berinvestasi emas. IDE : kami menemukan 40 ide fitur untuk mengatasi masalah yg telah kami temukan seperti memberikan informasi skenario resiko dan profit investasi emas, membuat metode pembayaran yg mudah, dll. SOLUSI : dari 40 ide fitur kami melakukan kelompokkan ke dalam affinity diagram sehingga menjadi 10 kelompok fitur, selanjutnya kami melakukan prioritization sehingga kami mendapatkan 9 kelompok fitur yg akan kami buat seperti gamification, payment, data analytic dll. PROSES PEMECAHAN MASALAH : empathize : menyusun persona sesuai target dari challenge amartha. define : kami melakukan brainstorming unutk menemukan 20 pain points. Selanjutnya kami membuat how might we yg mana merupakan solusi dari 20 pain points tersebut. Ideate : kami melakukan brainstorm kembali untuk menentukan ide-ide fitur yg akan kami buat yg mana kami menemukan 40 ide fitur. Selanjutnya kami menyusun affinity diagram untuk mengelompokkan ide-ide tersebut sehingga kami mendapatkan 10 kelompok seperti gamification, future feature dll. Setelah itu kami melakukan prioritization sehingga kami mendapatkan 9 kelompok fitur yang akan kami buat. Berikutnya kami melakukan crazy 8's untuk menjadi pembahasan dalam tahapan desain berikutnya. Prototyping : pertama kami menyusun user flow dan wireframe dari 9 kelompok fitur yg telah kami tentukan sebelumnya. Selanjutnya kami membuat desain UI dari semua fitur yg telah kami tentukan. Selanjtunya kami menyusun protoype dari layanan gold investment dengan fitur-fitur yang telah kami tentukan. Testing : kami melakukan usability testing terhadap 3 responden. Kami menggunakan metric SEQ. Hasil dari testing ini kami mendapatkan nilai 6,42 dengan SEQ metric sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguna mudah menggunakan desain aplikasi kami.
Creator
Lutfi Yostiawan
Partner Challenge

Amartha
Showcase lainnya dari challenge ini