UI/UX

Desain Ulang Halaman Layanan Ajukan Peminjaman dan Pemodalan Petani pada Crowde

Lihat Preview Showcase
Desain Ulang Halaman Layanan Ajukan Peminjaman dan Pemodalan Petani pada CrowdeLihat Preview Showcase

Deskripsi

Pada proyek ini digunakan Design Thinking yang merupakan salah satu jenis dari UX Design Process dengan beberapa tahapan yang dilakukan diantaranya Empathise, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada tahap Empathise didapatkan permasalahan yaitu petani sulit mendapatkan mitra yang tidak hanya memberikan pinjaman dana usaha, namun juga mendampingi serta mengedukasi mereka untuk meningkatkan kualitas hasil usaha. Selain itu, peminjam sulit menjangkau informasi terkait Crowde. Setelah mendapatkan gambaran permasalahan secara umum melalui Tahap Empathise, dilakukan Tahap Define dimana permasalahan user dijabarkan dalam pain points dan dibuat How-Might We sebagai opportunity. Pembagian paint points didasarkan pada alur proses website yaitu Registrasi, Login, dan halaman Home. Dari hasil paint points tersebut diusulkan beberapa How-Might We yang kemudian di voting dan didapatkan beberapa hasil How-Might We sebagai berikut: 1. Membuat halaman registrasi dan login untuk mitra partner 2. Membuat situs yang mudah dipahami oleh petani 3. Membuat tampilan yang menunjukkan skema/ tabel/ simulasi bagi hasil/ pembayaran pinjaman Setelah didapatkan How-Might We kemudian dilakukan brainstorming ide solusi yang akan diberikan dan gambaran kasar dari tampilan menggunakan Crazy 8’s. Dilakukan pendefinisian beberapa ide solusi yang kemudian dikelompokkan menjadi dua kelompok Fitur yaitu Perubahan Menu dan Penambahan Fitur dalam bentuk Affinity Diagram. Agar pembuatan desain lebih efektif, dibuat Prioritization Idea untuk menentukan fitur manakah yang perlu untuk dibuat terlebih dahulu. Berdasarkan diskusi tim, beberapa fitur yang perlu dibuat terlebih dahulu yait: 1. Menambah menu galeri yang berisi video, foto, dan grafis karena lebih informatif dibandingkan narasi yang terlalu panjang. 2. Memindahkan posisi FAQ dan Blog yang semula ada di footer berpindah ke header agar mudah terlihat. 3. Mengganti teks pada tombol Ajukan Pembiayaan menjadi Ajukan Peminjaman supaya lebih mudah dipahami oleh calon peminjam (petani).- 4. Memindahkan posisi info OJK dan AFPI ke atas agar mudah terlihat. Tahap Prototype merupakan tahap direalisasikannya Crazy 8’s yang sudah dibuat pada tahap Ideate. Menggunakan aplikasi Figma, dibuatlah tampilan dari alur proses yang sesuai dengan ide solusi. Beberapa tampilan seperti Home, Login, Formulir Pendaftaran Peminjam, dan Formulir Pendaftaran Investor dibuat oleh anggota kelompok. Prototype dapat dilihat pada laman https://www.figma.com/proto/Ssuu8OciiMAqaef9ZakK8o/Prototype-(KELOMPOK-2-uiux-5)?page-id=0%3A1&node-id=183%3A192&viewport=241%2C48%2C0.25&scaling=min-zoom&starting-point-node-id=183%3A192 Pada tahap testing, ide solusi dievaluasi dengan melakukan interview atau online survey. Jenis eksperimen yang dilakukan yaitu Prototype testing, dimana user mengoperasikan prototype yang sudah kelompok kami buat dan diminta untuk memberi nilai dengan metode penilaian Single Ease Question. Hasil dari penilaian user yaitu nilai dengan skala 6 dengan alasan tampilan yang kelompok kami buat mudah dipahami dan dioperasikan.

Creator

Ainunnisa Dini S


Partner Challenge

Crowde

Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Desain ulang halaman website Crowde

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Rully Gamayanto

UI/UX

UX Design for Crowde.co

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


CATUR WAHYUNINGRUM

UI/UX

Hasil Simulasi dari Me-redesign Website Crowde Bersama dengan Kelompok 14 Team 6 Skilvul

Crowde - Aplikasi Pemodalan Petani


Fernando Epafras