Mendesain Fitur Investasi Emas dengan Gamifikasi pada Aplikasi Amartha (P2P Lending) dengan Pendekatan Design Thinking
Lihat Preview ShowcaseDeskripsi
Proyek ini diadakan oleh DTS dari Kemkominfo bersama Skilvul, dengan Design Challenge yang saya pilih yaitu: "UX Case Study fitur baru berupa investasi emas dengan Amartha sebagai Challenge Partner dan target pengguna "milenial" berdomisili di daerah perkotaan". Kami menggunakan pendekatan proses Design Thinking yang dikolaborasikan dengan ide-ide segar melalui elemen-elemen gamifikasi agar fitur investasi emas lebih menarik untuk masyarakat. Selain itu kami juga menerapkan Law's of UX sebagai guideline dalam eksekusi desain. Fitur yang lengkap dan memenuhi kebutuhan user adalah sebagai fokus utama kami, dengan adanya 15 fitur pada investasi emas ini, harapannya dapat menjawab seluruh kekhawatiran user dalam berinvestasi emas. Masing-masing fitur memiliki elemen-elemen gamifikasi yang unik dan dengan tujuan yang jelas. Semua dikemas ke dalam sebuah desain yang clean, simpel, to the point, dan ilustrasi menarik dengan konsistensi desain yang baik. Saya merasa proses pembelajaran Virtual Internship ini cukup efisien dan menghasilkan produk dengan kualitas yang sangat baik dan beragam, yaitu, Ideate, Define, dan Prototype menggunakan Figma, artikel di Medium, serta slide deck presentasi yang merangkum keseluruhan proses desain proyek. Hal yang paling menarik adalah adanya live session setiap minggunya, mentor tiap kelompok, dan pengerjaan proyek yang dilakukan secara berkelompok, sehingga saya sebagai peserta lebih termotivasi dalam menyelesaikan proyek. Menurut saya, akan lebih menarik apabila ada program lanjutan yang linear untuk ketingkat yang lebih expert. Saya ucapkan terimakasih pada seluruh pihak yang berperan penting dalam kelancaran berlangsungnya program ini. Semoga program ini bisa terus berlanjut dan semakin baik. 🙏
Creator
Diya Khairana
Partner Challenge
Amartha
Showcase lainnya dari challenge ini