UI/UX

Mentor on Demand - Skilvul Challenge

Lihat Preview Showcase
Mentor on Demand - Skilvul ChallengeLihat Preview Showcase

Deskripsi

Metode Belajar Eksisting di Skilvul -1. In-class mentorship dengan banyak murid dibimbing oleh seorang mentor. -2. Self-paced learning dengan video pembelajaran yang telah direkam sebelumnya (pre-recorded video). Tetapi, ada masalah muncul: -1. Siswa merasa tidak dibimbing sepenuhnya oleh mentor. -2. Siswa kehilangan fokus karena kebanyakan siswa dalam satu kelas. Solusi Mentor on Demand 1. Mentor On Demand -> Belajar privat secara online: siswa akan mendapatkan sesi 1-on-1 online dengan mentor yang dipilih. 2. Pre-test -> untuk peminatan dan penentuan level kemampuan. 3. Saran mentor yang sesuai dengan peminatan dan level kemampuan. 4. Chat mentor. 5. Forum Skilvulpedia: artikel pembelajaran yang dapat di-create oleh siswa. User Research -1. Persona Siswa dengan pak Satrio B berasal dari jakarta berumur 28 tahun Goals yang ingin dicapai: - Mempelajari hal baru & selalu meningkatkan skills - work life balance - mendapat posisi yang baik dalam pekerjaan Frustations: - Cara komunikasi kurang baik - manajemen waktu yang kurang baik - Sibuk dalam pekerjaan -2. Persona Mentor dengan ms. Marcelina berasal dari Jakarta berumur 30 tahun seorang Web Developer Goals yang ingin dicapai: - Saling berbagi mengenai keahliannya - work life balance - mencari tambahan penghasilan di luar kantor Frustations: - belum dapat platform untuk saling berbagi keahliannya - Tidak ada penghasilan di luar kantor - kesibukan dalam pekerjaan Tahapan Design Thinking: -1. Emphatize -> Dijelaskan pada brief challenge -2. Define -> Menetapkan kumpulan problem user dan mendefinisikan How-Might-We -3. Ideate -> Brainstorming ide solusi -4. Prototype -> Desain high-fidelity prototype -5. Testing -> Stimulus User Research Tahapan User Flow: -1. Task Flow untuk User: Siswa - Login, Register, Penentuan Minat & Level Kemampuan, Pembayaran, Belajar 1-on-1 -2. Task Flow untuk User: Calon Mentor - Daftar Menjadi Mentor, Melengkapi Data Calon Mentor, Validasi untuk menjadi Mentor Tahapan Prototype: -1. Halaman Mentor on Demand Menampilkan saran mentor (% match) berdasarkan peminatan dan level kemampuan siswa -2. Halaman Profil Mentor Menampilkan detail profil mentor misalnya harga, rating & review, skill mentor, dll -3. Halaman Online Session Menampilkan preview embedded-online-meeting di web Skilvul sebagai media Mentor on Demand Tahapan Testing (Stimulus User Research) Brief: - Menggali insight dari user. - Dilakukan terhadap 4 orang responden, dengan metode in-depth interview. Obyektif: - Mencari tahu kebutuhan pengguna mengenai fitur Mentor On Demand di Skilvul. - Mencari tahu tingkat kegunaan (usability), kemudahan (easy-to-use), dan kepuasan (satisfaction) dari solusi ide pada fitur Mentor On Demand di Skilvul. Respondent Criteria: - Berusia 18–40 tahun. - Belum bekerja atau sudah bekerja. - Berdomisili di seluruh wilayah Indonesia. - Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia sebagai native language. - Memiliki antusiasme untuk belajar. - Memiliki perangkat kerja yang mendukung untuk belajar. - Memiliki pengalaman dalam belajar secara mandiri di luar jam kerja/kesibukan. Hasil Stimulus User Research : 6.25 (Semakin hijau, semakin baik) Kesimpulan - Nilai SEQ menunjukkan angka 6.25 yang artinya dari segi kemudahan, user merasa bahwa design yang kami ajukan sudah cukup baik. - Minor changes untuk beberapa feedback dari user mengenai desain atau flow.

Creator

Handi Tjioe


Partner Challenge

Skilvul

Skilvul

Skilvul - Mentor on Demand

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

Skilvul Mentor On Demand

Skilvul - Mentor on Demand


Muhammad Zaky Fahreza

UI/UX

UI/UX Case Study — Digital Learning Centre (Online Course)

Skilvul - Mentor on Demand


Ervy Primadila

UI/UX

Aplikasi Layanan Fitur Mentor On Demand

Skilvul - Mentor on Demand


Rahma Setiawan