UI/UX

Amartha Gold Investment Feature Challenge

Lihat Preview Showcase
Amartha Gold Investment Feature ChallengeLihat Preview Showcase

Deskripsi

Objective: Pembuatan feature improvement pemanfaatan dana endapan berupa investasi emas pada aplikasi Amartha. Melakukan perubahan minor (redesign) pada UI aplikasi Amartha berupa layanan pendanaan mitra agar mempermudah user serta memberikan kenyamanan yang lebih saat menggunakan aplikasi Amartha. | Design Process: Design Thinking menjadi proses desain UX pilihan kami dengan mempertimbangkan keunggulan design thinking yang dapat diterapkan secara adaptif terhadap UX case yang ada, ditambah lagi metode ini cocok digunakan untuk pengembangan produk dan layanan baru, serta memperbaiki produk yang telah tersedia. Design Thinking: Design Thinking memiliki 5 tahapan, dimana kami memulai dari define, ideate, prototype, testing, dan yang terakhir empathise. 1 - Define: Pada tahap pertama ini kami melakukan pengumpulan informasi dan melakukan pemahaman Product Requirement Documentation (PRD) yang diberikan oleh Amartha, serta melakukan brainstorming berupa pain points, affinity diagram, dan How Might We (HMW) dengan menggunakan aplikasi figjam dari figma. 2 — Ideate: Pada tahap kedua ini kami memberikan solusi dari permasalahan dan langkah yang seharusnya dilakukan hingga mencoba penggambaran antara lain berupa Solution Idea, kemudian Prioritization Idea, dan Crazy 8’s dengan menggunakan aplikasi figjam dari figma. 3 — Prototype: Pada tahap ketiga ini, yang perlu dilakukan adalah pembuatan user flow, wireframe, UI style guide, UI Design, hingga pembuatan prototype itu sendiri. Figma merupakan satu-satunya tools yang digunakan pada tahap ini. 4 — Testing: Tahapan yang selanjutnya adalah testing, pada tahap ini dilakukan evaluasi ide solusi dengan melakukan interview user. Testing bisa dibilang tahap terpenting dikarenakan setiap asumsi, ide, atau redesign perlu dilakukan klarifikasi dengan pihak luar. Tools yang digunakan kali ini adalah figma, google docs, dan google spreadsheet. 5 — Empathise: Empathis menjadi kesatuan tahap terakhir pada design thinking yang dilakukan, dari sini kami coba memahami permasalahan dan keinginan user pada tahap usability testing. Pembenahan yang akan diterapkan atau tidak berdasarkan hasil testing juga dapat diputuskan bersama. Selanjutnya proses design thinking akan terulang karena adanya improvement yang dilakukan. Conclusion: Kesimpulan dari UI/UX Case Study yang telah berhasil dibuat adalah: Prototype yang dibuat telah menjawab objektivitas yang ada. Prototype yang dibuat tergolong cukup mudah digunakan oleh user. Masih perlunya proses iterasi pada perbaikan desain (minor), prototyping, dan testing. Perlunya marketing strategy untuk lebih meningkatkan antusias masyarakat dalam berinvestasi p2p lending dan pemanfaatan upcoming feature investasi emas digital.

Creator

Rachmad Kusumardana


Partner Challenge

Amartha

Amartha

Amartha - Investasi Emas

Showcase lainnya dari challenge ini


UI/UX

UI/UX Design Layanan Investasi Emas

Amartha - Investasi Emas


Muhammad Fajri Ramdani

UI/UX

UI/UX Desain - Amartha Challange

Amartha - Investasi Emas


Dicky Abdul Rachman

UI/UX

Merancang Fitur Investasi Emas Pada Mobile Amartha

Amartha - Investasi Emas


Bagas Kurnia rahman