Jumat, 30 Juli 2021

Merancang Masa Depan di Era Digital

Agus Cahyono
Writer
Bagikan
Merancang Masa Depan di Era Digital

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hari ini semuanya sudah serba digital, teknologi semakin terasa kehadirannya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari cara berinteraksi dengan teman-teman, mencari berita terbaru, hingga berbelanja kebutuhan harian semuanya bisa dilakukan hanya dengan sekali sentuhan jari. Lalu, bagaimana kita bisa mempersiapkan masa depan dalam era digital ini?

Kecepatan perkembangan digital terus bergerak dan suka atau tidak suka hal itu telah mengubah cara kita hidup. Hari ini, kamu tidak harus pergi ke toko untuk membeli barang yang kamu butuhkan, dan semakin banyak dari kita yang menghabiskan waktu untuk terhubung dengan teman-teman melalui layar. Tentu saja kita semua ingin siap untuk ikut serta dalam perkembangan teknologi ini suatu hari nanti, tetapi pada faktanya terlalu sering kita menunda perencanaan untuk mempersiapkan masa depan kita, sementara itu perkembangan teknologi tidak pernah menunggu kita siap.

Jika kamu kesulitan menentukan langkah-langkah apa yang perlu kamu lakukan untuk merencanakan masa depan di era digital ini, berikut adalah beberapa strategi untuk membantu kamu mengambil langkah untuk mempersiapkan masa depanmu:

Membuat perencanaan

Mengidentifikasi tujuan yang tepat, mengembangkan rencana tertulismu untuk mencapai tujuan tersebut, dan menerapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut dapat membuat semua perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan di kemudian hari. Jika kamu membuat sebuah perencanaan, kamu akan lebih termotivasi untuk mempelajari keterampilan apa saja yang dibutuhkan.

Bagikan apa yang ingin kamu capai dengan sahabat atau rekan Melakukan hal ini adalah komponen penting dari penetapan tujuan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Ketika kamu membagikan apa yang ingin kamu capai kepada rekan atau sahabatmu, kamu akan mendapat dukungan dari mereka yang memiliki kepedulian dalam keberhasilan karirmu. Hal ini juga dapat mengarah pada percakapan yang terjadi ketika kamu bertemu dengan rekan atau sahabatmu, akan ada percakapan seputar tujuan yang ingin kamu capai sehingga kamu mendapat motivasi untuk semakin menambah wawasan dan pengetahuan yang kamu butuhkan untuk mencapainya.

Ubah cara berpikir

Pola pikir di era digital harus mempunyai tujuan untuk memotivasi diri agar dapat berjalan bersamaan dengan perkembangan digital dan keterampilan baru yang dibutuhkan pada pasar dunia kerja. Karena mereka yang terlebih dahulu ada di pasar dunia kerja berusaha beradaptasi secara halus, namun mereka juga perlu melepaskan diri dari belenggu masa lalu yang belum terbiasa dengan kehadiran teknologi, ini adalah kesempatan untuk kamu bertindak berani merebut peluang di masa depan dengan mempersiapkan semua keterampilan yang dibutuhkan dari sekarang.

Untuk melakukannya, kamu bisa mencari informasi terkait dengan skill yang dibutuhkan dan mengambil sertifikasi untuk kompetensi tersebut. Pada saat yang sama, kamu harus mulai membayangkan bagaimana pola pikir perusahaan yang mengutamakan digital dalam kegiatan bisnisnya. Setiap skill yang dipelajari harus merujuk dengan kebutuhan perusahaan agar dapat memaksimalkan upaya dengan mengantisipasi dan menyesuaikan kebutuhan mereka.

Mulai dengan satu langkah kecil

Meskipun untuk mencapai tujuan terbesarmu membutuhkan waktu yang panjang, namun semua itu dapat dicapai ketika kamu mulai mengambil langkah kecil. Ketika kamu menjadi lebih nyaman dengan memanfaatkan waktu untuk belajar sesuatu, akan menjadi lebih mudah menambahkan keterampilan baru untuk dipelajari dalam rangka mendukung tujuan yang telah kamu rencanakan. Hal itu juga akan lebih mudah untuk mempertahankan perkembangan keterampilan yang telah kamu capai. Selain itu, agar berhasil merencanakan masa depan, kamu harus menanamkan pola pikir 'berpikir besar, mulai dari yang kecil, dan cepat' agar dapat memberdayakan diri untuk berinovasi, membuka kemungkinan untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan secara bersamaan.

Lakukan dengan sabar

Tujuan yang kamu rencanakan memberikan kesuksesan karir di masa depan, tetapi kamu akan mudah terfikir untuk kembali ke kebiasaan masa lalu dan mengabaikan tujuan yang telah kamu rencanakan. Daripada menyerah ketika tujuan kamu terasa sulit, gunakan kesempatan itu untuk menyesuaikan kembali rencana yang telah kamu rancang dengan memilih langkah alternatif agar mempermudah dan memotivasi diri kamu kembali.

Jangan takut untuk mengambil risiko

Ini termasuk menginvestasikan waktumu untuk mempelajari keterampilan yang dibutuhkan, namun ini adalah untuk tujuan jangka panjang, terlepas dari efek jangka pendek yang mungkin kamu alami. Termasuk juga mengambil beberapa risiko, seperti meninggalkan zona nyaman demi mengejar peluang karir di masa yang akan datang. Walau bagaimanapun, saat ini kamu punya waktu, waktu untuk pulih dan belajar dari kesalahan sehingga langkah yang kamu ambil untuk mencapai tujuanmu berikutnya menjadi lebih cerdas dan lebih strategis.

Kamu harus percaya bahwa setiap orang pada akhirnya harus berubah untuk masa depan jika mereka ingin memanfaatkan peluang yang ditawarkan dunia digital. Sementara beberapa orang lain akan bertahan dengan keterampilan lama yang mereka miliki, maka saatnya kamu yang lebih berani akan mencuri perhatian dengan menguasai keterampilan digital. Hal yang harus dipahami adalah kesuksesan masa depan akan datang dari apa yang kamu usahakan saat ini, dengan memiliki keterampilan dalam teknologi digital dan dibuktikan dengan sertifikasi, bukan hanya mencoba mengikuti ketika sudah terjadi perubahan. Apakah kamu sudah siap untuk mulai merencanakan masa depanmu?

Bagikan

Temukan Topik Menarik Lainnya dari Skilvul

Jadilah Inspirasi dan BerikanDampak Positif Bersama Skilvul!