Kamis, 16 September 2021

Media untuk membuat UI/UX Design

Cindy Paskalina
Writer
Bagikan
Media untuk membuat UI/UX Design

Dilansir dari laporan Design Tools Survey oleh UX Tools, lebih dari 4,000 desainer memilih Figma, Sketch dan Adobe XD sebagai alat desain UI/UX yang paling mereka sering gunakan sepanjang tahun 2020. Ketiga media desain ini memfasilitasi desainer untuk mendesain wireframe dan menguji prototype produk digital. Lalu apakah fitur yang membedakan tiap media desain ini dan media manakah yang harus kamu pilih?

Figma

Figma adalah satu-satunya media UI/UX desain berbasis browser yang masuk ke dalam blog ini. Karena tidak terikat dengan jenis sistem operasi yang digunakan, Figma menjadi lebih cenderung mudah diakses dalam sekejap. Layanan yang ditawarkan dapat digunakan secara gratis atau berbayar dengan berbagai fitur tambahan.

Media ini dikenal dengan inovasi fitur real-time collaboration yang dibangun di dalamnya. Desainer dapat mengerjakan sebuah proyek secara bersamaan, mengetahui aktivitas desain anggota tim lainnya, sekaligus memberikan feedback dalam satu layar. Walaupun banyak media desain lainnya yang mengadaptasi fitur kolaborasi, berbagai jenis fitur dan fleksibilitas yang ditawarkan Figma membuat banyak orang rela meninggalkan media desain lainnya. Contohnya, figma menawarkan fitur Team Libraries yang memungkinkan desainer untuk menyimpan skema warna, gaya teks atau komponen desain untuk digunakan oleh desainer lainnya. Tidaklah aneh jika Figma menjadi media pilihan nomor satu para desainer UI/UX selama pandemi.

Sketch

Sketch adalah aplikasi desain UI/UX yang hanya bisa digunakan oleh desainer dengan sistem operasi Apple. Layanan bisa digunakan dengan membayar lisensi selama setahun dan terus membayar tiap tahunnya jika ingin mendapatkan seluruh pembaharuan atau updates yang ditawarkan. Khusus untuk mahasiswa dan institusi pendidikan, harga lisensi akan dipotong discount sebanyak 50%.

Media sketch terkenal dengan fleksibilitasnya dalam pengintegrasian berbagai jenis Plugin yang membantu desainer untuk mendesain dengan lebih baik dan lebih cepat. Contoh, plugin Chromatic Sketch dapat membantu desainer untuk memperbaiki warna gradien. Sedangkan plugin Autotranslate dapat menerjemahkan teks atau halaman yang dipilih ke dalam lebih dari 40 bahasa yang berbeda.

Kelebihan media juga terlihat dari banyaknya sumber desain gratis yang bisa digunakan – Sketch Repo atau Sketch App Resources. Hal ini secara khusus menarik para desainer muda yang masih perlu banyak berlatih sebelum memulai membuat karya orisinil.

Adobe XD

Adobe XD adalah aplikasi desain yang bisa digunakan di sistem operasi Apple ataupun Windows. Sama seperti Figma, Adobe XD juga menawarkan layanan gratis dan layanan berbayar. Namun tidak seperti Figma, Adobe XD dapat digunakan 100% offline atau tanpa sambungan internet.

Salah satu kelebihan Adobe yang tidak bisa dibandingkan dengan media desain lainnya adalah kemampuan pengintegrasiannya dengan produk Adobe lainnya. Contoh, ketika desainer menggunakan fitur canggih Photoshop dan Illustrator, hasil desain dari media tersebut dapat disinkronkan dengan mudah ke Adobe XD. Selain itu, desainer juga akan mendapatkan akses keseluruhan aset desain yang sudah dibayarkan sebelumnya di produk Adobe seperti Adobe Fonts atau Adobe Stock. Berbagai Keunggulan ini serta tampilan interfacenya yang hampir serupa dengan produk Adobe lainnya menjadi poin yang menarik beberapa desainer UI/UX.

Bagikan

Temukan Topik Menarik Lainnya dari Skilvul

Jadilah Inspirasi dan BerikanDampak Positif Bersama Skilvul!