Berkenalan dengan Stackoverflow

Cindy Paskalina

Writer

Rabu, 08 September 2021

Berkenalan dengan Stackoverflow

Orang yang baru saja memulai atau sudah dalam perjalanan belajar coding pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “Stack Overflow”. Dalam website resminya, Stack Overflow digambarkan sebagai “platform publik yang membangun kumpulan pertanyaan dan jawaban coding yang terpercaya.” Platform ini pertama kali dibuat pada tahun 2008 dan seketika mengalahkan popularitas Experts Exchange, sebagai platform tanya-jawab teknologi nomor satu pada saat itu.

Stack Overflow sering diibaratkan sebagai ‘sahabat’ programmer zaman now. Tidak peduli jenis pekerjaan atau lama karir yang dimiliki, seorang programmer pasti pernah membuka situs Stack Overflow untuk mencari jawaban penyelesaian masalah coding yang mereka hadapi. Pertanyaan yang sudah ditandai dengan jenis bahasa pemrogramannya dimaksudkan untuk memudahkan user untuk mencari informasi terkait.

Bagi programmer muda yang belum pernah menggunakan platform ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum masuk ke komunitas Stack Overflow.

Cari Pertanyaan Serupa Terlebih Dahulu

Stack Overflow saat ini digunakan oleh lebih dari 14 juta pengguna dan memiliki lebih dari 21 juta pertanyaan serta 31 juta jawaban yang dapat diakses secara gratis. Karena tingkat kepopuleran yang dimiliki platform ini dalam komunitas programmer, maka kemungkinan besar permasalahan yang kamu hadapi sudah pernah ditanyakan dan dijawab di dalam forum ini. Daripada langsung memikirkan cara untuk menyusun pertanyaan, lebih baik kamu mulai dengan memasukan kata kunci pertanyaan yang sesuai untuk mempercepat proses penyelesaian masalahmu.

Masukan Pertanyaan yang “Layak”

Stack Overflow memiliki peraturan ketat dalam menentukan pertanyaan yang “layak” untuk diajukan ke dalam komunitas forum mereka. Pertanyaan open-ended, terlalu lebar, dan kurang jelas biasanya dianggap sebagai indikasi kemalasan user dalam mencari jawaban yang sebenarnya sudah tersedia di luar Stack Overflow. Sebaliknya, user diharapkan untuk hanya menanyakan pertanyaan praktis yang benar-benar mereka hadapi. Pertanyaan yang baik biasanya terdiri dari judul yang jelas, deskripsi lengkap atau detail dari permasalahan, serta Stack trace atau Code snippet terkait jika dibutuhkan.

Pertanyaan duplikat dan tidak memenuhi kriteria yang disebutkan diatas, biasanya akan segera ditutup sehingga tidak dapat dijawab oleh user lainnya. Sistem ini diterapkan agar Stack Overflow terus menjadi tempat pertanyaan dan jawaban berkualitas dan terpercaya bagi para programmer di luar sana.

Berikan umpan balik yang sesuai

Setiap user Stack Overflow memiliki nilai “Reputasi” yang merepresentasikan bagaimana user lain menghargai pertanyaan dan jawaban yang kamu berikan. Reputasi didapatkan atau dihilangkan sesuai dengan reaksi ‘vote’ yang didapatkan. Contoh, jika pertanyaan kamu di-vote up, maka kamu akan mendapatkan +10. Jika kamu puas dan menerima jawaban orang lain atas pertanyaanmu, maka kamu akan mendapatkan +2. Begitu juga sebaliknya, jika pertanyaan/jawaban kamu di vote down, maka kamu akan mendapatkan -2 nilai reputasi. Jumlah nilai yang bisa didapatkan dan dikurangkan dari aksi vote sangatlah beragam dan disesuaikan dengan situasi yang ada.

Melalui sistem ini, pertanyaan yang dianggap ‘bagus’ akan naik ke atas halaman dan pertanyaan yang dianggap ‘tidak bagus’ akan turun ke bawah (seperti reddit). Selain itu, pengguna yang secara konsisten memberikan jawaban yang bermanfaat (nilai reputasi yang tinggi) akan diberikan beberapa hak eksklusif dalam forum. Contohnya, hak untuk menutup sebuah pertanyaan yang tidak layak atau mengedit pertanyaan user lain. Semakin banyak kamu memberikan umpan balik yang sesuai, semakin banyak juga jumlah user dengan reputasi tinggi yang dapat menggunakan hak eksklusifnya. Hal ini tentunya akan berdampak baik pada kualitas informasi yang Stack Overflow secara keseluruhan.