Kamis, 29 Juli 2021

10 Top Jobs Skill yang Dibutuhkan Pekerja di Tahun 2025

Agus Cahyono
Writer
Bagikan
10 Top Jobs Skill yang Dibutuhkan Pekerja di Tahun 2025

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat perusahaan mulai mengadopsi teknologi untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Namun, upaya pemanfaatan teknologi ini sedikit terhambat oleh kesenjangan keterampilan yang dimiliki para pekerja saat ini. Guna memenuhi gap tersebut, para pekerja perlu meningkatkan keterampilan mereka.

Inilah 10 top jobs skill yang dibutuhkan pekerja di tahun 2025

World Economic Forum dalam laporannya menyebutkan bahwa ada kesenjangan keterampilan di pasar dunia kerja saat ini yang menjadi hambatan utama perusahaan dalam mengadopsi perkembangan teknologi untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. WEC (World Economic Forum) melakukan survei terkait hal tersebut dan ditemukan hal yang sama pada 20 negara dari 26 negara yang dimintai pendapat, yaitu kesenjangan keterampilan di pasar tenaga kerja dalam pemanfaatan teknologi.

Perusahaan yang disurvei menyebutkan bahwa mereka menyediakan akses pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepada para pekerja yang mereka miliki, namun keterlibatan pekerja untuk mengambil pelatihan-pelatihan tersebut masih minim yaitu hanya 42% yang mengambil kesempatan untuk meningkatkan keterampilan melalui akses pelatihan yang diberikan oleh perusahaan.

Kekurangan keterampilan ini lebih terasa pada profesi-profesi khusus yang menjadi kebutuhan utama dalam pemanfaatan teknologi dalam aktivitas bisnis perusahaan, mereka sangat kesulitan untuk mencari tenaga kerja pada bidang pekerjaan Data Analysts & Scientists, AI & Machine Learning Specialists, Software and Application Developers, dan peran lain yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi.

Lalu, apa yang harus disiapkan oleh para pekerja guna mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Diharapkan para pekerja lebih menekankan pada pembelajaran keterampilan digital seperti analisis data, ilmu komputer, dan teknologi informasi serta soft skill lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di masa depan.

Ini adalah 10 top jobs skill yang dibutuhkan para pekerja pada tahun 2025 menurut laporan yang diterbitkan oleh World Economic Forum

  • Analytical Thinking and Innovation

  • Active Learning and Learning Strategies

  • Complex Problem Solving

  • Critical Thinking and Analysis

  • Creativity, Originality, and Initiative

  • Leadership & Social Influence

  • Technology Use, Monitoring & Control

  • Technology Design & Programming

  • Resilience, Stress Tolerance, and Flexibility

  • Reasoning, Problem Solving & ideation

Untuk menjadi tenaga kerja yang lebih siap dalam pemanfaatan teknologi, para pekerja dapat memperoleh salah satu dari 10 keterampilan profesi yang sedang berkembang dan dibutuhkan oleh perusahaan. Pekerja juga dapat memperluas keterampilan mereka dalam Product Development & Data, Artificial Intelligence dan Software Development sehingga pekerja dapat membuat kemajuan dalam keterampilan utama yang dibutuhkan. Dalam laporan yang sama, World Economic Forum menyebutkan bahwa terdapat data yang menunjukkan bahwa meskipun banyak pekerja dapat pindah ke peran yang muncul dengan kesamaan keterampilan, perpindahan awal yang tidak sesuai masih memerlukan peningkatan keterampilan untuk memastikan produktivitas jangka panjang.

Pada dasarnya kecerdasan manusia adalah akar dari semua keterampilan yang dibutuhkan. Karena batas antara pekerjaan yang dilakukan oleh manusia dan yang dilakukan oleh kemampuan teknologi mengalami pergeseran, para pekerja saat ini memiliki peluang untuk memastikan bahwa pergeseran pekerjaan ini mengarah pada era baru pekerjaan yang baik, pekerjaan yang baik, dan peningkatan kualitas hidup untuk semua. Di tengah pandemi ini, dimana semua orang diharuskan melakukan segala aktivitas di rumah maka inilah saatnya kamu merencanakan dan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan keterampilan agar menjadi tenaga kerja yang siap berkontribusi pada industri global di masa yang akan datang.

Bagikan

Temukan Topik Menarik Lainnya dari Skilvul

Jadilah Inspirasi dan BerikanDampak Positif Bersama Skilvul!